32.4 C
Jakarta
17 June 2024 - 17:29
PosBeritaKota.com
Nasional

Memasuki Musim Libur ‘Nataru’, TOL CIKAMPEK Terapkan Contraflow Guna Beri Solusi Atasi Kepadatan Arus Lalulintas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Memasuki musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) ternyata ikut mempengaruhi kapasitas jumlah kendaraan yang bakal meninggalkan Ibukota Jakarta. Tak ayal jalur jalan tol pun kena imbas, dimana arus lalulintas menjadi padat tak terkendali.

Oleh karenanya, sejak Minggu (24/12/2023) pagi tadi, tak bisa dihindari bahwa jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta – Cikampek semakin padat merayap alias mengular. Guna memberikan solusi, maka petugas pun kembali menerapkan sistem ‘Contraflow‘.

Seperti diketahui bahwa penerapan sistem ‘Contraflow‘, justru dilakukan atas dasar diskresi kepolisian, yakni mulai diberlakukan sejak pukul 08.20 WIB. Juga tak ada pilihan karena hal itu harus dilakukan demi mengantisipasi peningkatan volume lalulintas.

Dikatakan Ria Marlinda Paalo selaku VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, pihaknya kembali menerapkan sistem ‘Contraflow‘ alias satu lajur dari KM 55 sampai KM 65 untuk di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju ke arah Cikampek

Sedangkan berdasarkan data atau catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, ada sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta – Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama, sejak Sabtu (23/12/2023) kemari atau H-2 Natal.

Pemberlakukan ‘Contraflow‘ itu sendiri merupaka sistem pengaturan lalulintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalulintas tersebut, juga mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi kepolisian.

Lagi, ‘Contraflow‘ sebagai salah satu cara petugas untuk mengatasi kepadatan arus lalulintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan Tahun Baru. 

Masih menurut keterangam Ria, memasuki musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, pihak PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

Pada bagian lain, juga dilakukan penyiagaan tambahan 16 Unit Mobile Reader, tentu saja untuk meningkatkan kapasitas transaksi. Bahkan, Hal tersebut dilakukan, yakni untuk menjaga arus lalulintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur ‘Natal‘ dan ‘Tahun Baru‘. © [RED/THONIE AG/EDITOR : GOES]


 

Related posts

Data BPBD di 5 Kecamatan, MAKASSAR Ungsikan 9.328 Warga Terdampak Banjir

Redaksi Posberitakota

Kendati Sudah Dideportasi, WNA JEPANG ‘NS’ Ternyata Gunakan Alamat Fiktif di Jakarta Utara

Redaksi Posberitakota

PESERTA DIHIMBAU TAATI PROKES, MABES POLRI & POLDA METRO JAYA AKAN PANTAU SEKALIGUS AMANKAN REUNI ALUMNI 212

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang