31.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 22:58
PosBeritaKota.com
Daerah

Setelah Dievaluasi Aparat Kepolisian, MALIOBORO & TUGU YOGYA Diberlakukan Car Free Night Saat Malam Tahun Baru

YOGYAKARTA [POSBERITAKOTA] – Dua kawasan di Jalan Malioboro dan Tugu Yogya, bakal diberlakukan Car Freee Night sebagai bentuk antisipasi kelalaian pengendara saat terjebak kemacetan. Bentuknya adalah bahaya CO2 yang terhirup masyarakat, jika ada kerumunan kendaraan bermotor dalam satu titik.

Pemberlakuan Car Free Night disampaikan Dirlantas Polda DIY, Kombes Alfian Nurrizal, Kamis (28/12/2023). Menurutnya lebih baik sedia paying sebelum hujan, karena kerumunan kendaraan bermotor jika terjebak dalam kemacetan, juga bakal membahayakan jiwa manusia.

“Sangat mungkin sebuah kendaraan lagi nyala yang mau injak rem, tetapi malah injak gas. Jadi, ini bentuk atau langkah antisipasi terjadinya kecelakaan. Karena itulah, kami memberlakukan Car Free Night,” tegasnya, lagi.

Pada pelaksanaan Car Gree Night di Malioboro akan dilakukan dari Pos Teteg hingga Titik Nol sepanjang 1,3 kilometer. Car Free Night akan diberlakukan dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, dinihari. Kecuali wilayah Malioboro, aparat kepolisian juga akan memberlakukan pengalihan arus di kawasan Tugu Yogya.

“Pasti akan kita lakukan pengalihan dari Gondolayu, di Jetis maupun di Pingit. Jadi, ada 3 sisi. Di situ kita siapkan beberapa kantong parkir,” papar Alfian, menambahkan.

Oleh karenanya kepada masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian Tahun Baru di kawasan Tugu, bisa parkir di Mc Donald, eks PLN, Kelenteng,  SMP 6.dan SMK Jetis.

Selanjutnya, ditambahkan Alfian, di sepanjang Jalan Malioboro nantinya bakal ada barikade untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan evakuasi.

“Hal itu guna mengantisipasi apabila ada pengunjung yang mungkin secara fisik tidak sehat. Itu juga demi memudahkan kita untuk evakuasi. Bahkan, kami menyiapkan di beberapa simpul-simpul ada tenda kesehatan dan ambulans. Kami juga menyiapkan pemadam kebakaran di Tugu, Pos Teteg serta di Titik Nol KM,” papar Alfian, mengakhiri. © [RED/AYID PS/EDITOR : GOES]

Related posts

Tindak Tegas Jika Ada Penyimpangan, POLRES TARAKAN Kerahkan 221 Personel Kawal Aksi Damai Supir Truk

Redaksi Posberitakota

Sambut Ramadhan dengan Suka Cita, KHOFIFAH : Jadikan Momentum untuk Peningkatan Kualitas Ibadah & Kesalehan Sosial

Redaksi Posberitakota

Berdiri di Komplek Sport Center, SATPOL PP INDRAMAYU Tegas Bongkar Puluhan Bangunan Liar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang