Dalam 3 Hari Kedepan, BPBD DKI Ingatkan ke Warga Jakarta Agar Mewaspadai Cuaca Ekstrem

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam tiga hari yang dimulai 29 Januari hingga 1 Pebruari kedepan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengingatkan agar warga Jakarta dan sekitarnya mewaspadai cuaca ekstrem.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Aji, berdasarkan hasil analisasis terkini BMKG diketahui bahwa potensi peningkatan curah hujan intensitas Sedang – Lebat dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Pada bagian lain, ditambahkan Isnawa bahwa masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah juga turut memicu pembentukan awan hujan.

“Termasuk terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia,” tegas Isnawa kepada wartawan di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Dikatakan Isnawa lebih lanjut pihak BPBD DKI Jakarta menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

“Maka itu apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” ucap Isnawa mengakhiri keterangannya. © (RED/AGUS SANTOSA)

Related posts

Liburan Panjang & Berakhir Pekan, RIBUAN WARGA JABODETABEK Pilih Plesiran ke Kebon Binatang Ragunan

Beri Pelayanan yang Terbaik, PEMPROV DKI Lepas Ratusan Jamaah Haji Kloter Pertama Asal Jakarta

Via Program ‘Layanan Jakarta on TV’, KETUA DPMPTSP DKI RINALDI Sebut Ingin Bangun Generasi Unggul untuk Indonesia