34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 13:46
PosBeritaKota.com
Top News

Di Puncak Peringatan HPN 2024, PEMPROV DKI Dukung Ekosistem Kebebasan Pers yang Adapatif

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat momentum penyelenggaraan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang berlangsung di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan kuat, Selasa (20/2/2024).

Sedangkan acaranya itu sendiri diadakan bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers yang mengusung tema: ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa‘.

Pada puncak peringatan HPN 2024 tersebut, dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Disebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta mendukung ekosistem kebebasan pers yang adaptif.

Dikatakan Heru Budi ditengah banyak tantangan yang dihadapi insan pers saat ini, maka Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat akan terus mendukung ekosistem pers yang adaptif atau dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi yang terus berkembang semakin modern dan canggih.

Ekosistem pers yang adaptif harus didukung, sehingga insan pers mampu terus bertahan di tengah perkembangan zaman. Selain itu, kebebasan pers juga harus dihormati, agar insan pers mampu menghasilkan jurnalisme yang berkualitas dan industri pers tetap berkelanjutan,” tegas Pj Gubernur DKI Jakarta itu, lagi.

Oleh karenanya, Heru Budi mendukung Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggungjawab Platform Digital untuk Jurnalisme yang berkualitas (Publisher Rights) yang telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Bahkan, Perpres itu bakal menjadi payung hukum untuk mendukung jurnalisme berkualitas dan mengedukasi masyarakat untuk kemajuan Indonesia.

“Jadi dengan adanya Perpres ini, kami harapkan akan semakin banyak muncul karya jurnalisme yang dapat mengedukasi masyarakat untuk kemajuan Indonesia. Peran pers sangat krusial, sebagai penyampai informasi berbagai program pemerintah dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat,” kata Heru Budi, menambahkan.

Tak ketinggalan, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. “Saya berterima kasih pada insan pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani. Atas nama rakyat dan pemerintah, saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024,” ucap dia.

Dengan adanya berbagai tantangan yang dihadapi insan pers di era digital, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah terus berupaya mendukung ekosistem pers yang adaptif dan tetap menghormati kebebasan pers. Salah satu wujud dukungan tersebut melalui Perpres tentang Publisher Rights.

“Saya menandatangi Perpres yang mengatur tentang tanggungjawab Platform Digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Perpres Publisher Rights. Sebelum menandatangani, saya betul-betul mendengarkan aspirasi dari rekan-rekan pers,” paparnya.

Ditegaskan Presiden Jokowi, Perpres ini selain untuk menciptakan jurnalisme berkualitas, juga memastikan keberlanjutan industri media nasional dengan kerjasama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Ia juga mengharapkan, perusahaan pers dapat memikirkan langkah konkret untuk terus melakukan inovasi dalam merespons perubahan zaman. Tidak hanya itu, pers harus mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah persaingan global.

Perlu untuk diketahui, puncak peringatan HPN 2024 merupakan bagian dari serangkaian acara yang telah diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama Persatuan Wartawan Indonesia dan Dewan Pers, pada 17-20 Februari 2024. Sejumlah seminar juga telah dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten yang membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital. Rangkaian kegiatan t.ersebut berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Tiba Pukul 09.26 WIB, ANIES BASWEDAN Pakai Baju Dinas & Tenteng Map Biru Penuhi Panggilan KPK

Redaksi Posberitakota

Kritik DPR Dinilai Ampuh, PAKAR KOMUNIKASI : Bisa Sandingkan Panglima TNI & KASAD di Senayan

Redaksi Posberitakota

Sinergi dengan Pasukan Gabungan, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Jamin Keamanan Jakarta Selama Libur Lebaran

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang