29.8 C
Jakarta
30 April 2024 - 08:10
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Pengunjung – Jamaah Diminta Waspada, MASJID ISTIQLAL JAKARTA ‘Dikotori’ Kehadiran Copet yang Incar HP & Dompet

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kedatangan para pengunjung atau jamaah sepanjang bulan suci Ramadhan yang jauh lebih banyak ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, ternyata dimanfaatkan oleh kelompok atau pelaku kriminal untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Karena itulah, bagi siapa saja, diminta waspada dan jangan lengah terhadap barang bawaan.

Seperti diketahui bahwa setiap sebelum pelaksanaan sholat Jum’at (29/3/2024) siang kemarin, POSBERITAKOTA nyaris jadi korban yang jelas-jelas merupakan tindak kriminal. Seorang pria berwajah setengah gelap merogoh tas berisi handphone (HP) dan kacamata. Dan, barang bukti HP ditangan pelaku (copet), namun setelah digertak maka HP pun dikembalikan.

Peristiwa itu terjadi saat POSBERITAKOTA baru saja kelar melakukan wudhu untuk persiapan sholat. Rupanya, pelaku sudah berkeliaran dan mengawasa calon ‘mangsanya’. Sedangkan yang barang yang diincar adalah HP maupun dompet. Atau, boleh jadi barang-barang berharga yang lain.

Patut diduga para pelaku tindak kriminal alias pencopet yang beroperasi di sekitar Masjid Istiqlal Jakarta dengan cara berkelompok. Saat POSBERITAKOTA nyaris jadi korban, biasanya para rekan-rekan yang merupakan komplotan pencopet, kemudian pura-pura bertanya ada apa dengan calon korban.

Mereka pelaku pencopet HP dan dompet, sangat mudah dikenali. Selalu mondar-mandir dan berada di posisi belakang badan pengunjung atau jamaah yang membawa tas. Berharap saat menaiki tangga, usai mengambil wudhu, di situlah mereka beraksi.

Hisam, warga Makasar (Sulawesi) yang tengah berkunjung untuk sholat Jum’at di Masjid Istiqlal Jakarta, mengaku gemas terhadap pelaku. Maka itu, ia menyatakan bagi pengunjung atau jamaah, jangan takut untuk berteriak copet – jika HP atau dompetnya jadi sasaran kalangan pencopet yang berkeliaran dan ‘kotori‘ kawasan Masjid Istiqlal Jakarta.

“Laporkan saja ke Petugas Pamdal (Pengamanan Dalam) yang ada di sekitar Masjid Istiqlal. Pasti akan diproses, apalagi terindikasi melakukan tindak kriminal. Termasuk jika memegang barang buktinya,” papar pria berbadan tegap itu, lagi.

Perlu diingatkan bagi pengunjung atau jamaah yang di bulan suci Ramadhan 1445 H kali ini datang untuk berwisata religi atau ‘Ngabuburit‘ sambil menunggu beduk Maghrib, diminta jangan lengah terhadap barang bawaan. Mereka, pelaku kriminal alias copet, mengincar HP, dompet atau barang berharga lainnya.

Terlebih saat ini di sekitar halaman Masjid Istiqlal Jakarta, juga digelar semacam bazaar. Mulai dari makanan, minuman, pakaian Muslim serta beragam produk lainnya. Pada saat berbelanja, ingat baik tas atau dompet, mohon diperhatikan – jangan sampai jadi sasaran pencopet. © RED/PBK/GOES

Related posts

Jadi Irup Rapat Raksasa Ikada, ANIES Ingatkan Jajarannya Berjuang Pertahankan Kemerdekaan

Redaksi Posberitakota

Mulai Dikerjakan PAM Jaya, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Resmikan Kick Off Pembangunan IPA Pesanggrahan

Redaksi Posberitakota

DIBANGUN KELAS BARU 2 LANTAI, SEKOLAH POLISI NEGARA JADI PROGRAM PRIORITAS KALEMDIKLAT POLRI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang