PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dari Silang Monas, PEMPROV DKI Lepas 12  RIBU Warga Jakarta Ikut Mudik Gratis Angkutan Lebaran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 12 ribu warga yang mengikuti program ‘Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2024′ di Silang Monas, Jakarta Pusat, dilepas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Sedangkan untuk pelepasan secara simbolis dilakukan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono bersama Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) Jaya Brigjen CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar dan Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan.

Dikatakan Sekda Joko bahwa program Mudik Gratis merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalur mudik jelang Hari Raya Idhul Fitri 1445 H.

“Yang jelas, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan pada saat mudik, khususnya bagi para pemudik yang menggunakan moda sepeda motor. Dan juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan moda transportasi yang mudah dan aman dalam momen perayaan Lebaran,” paparnya.

Disebutkan pula bahwa Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyediakan sebanyak 485 bus untuk mengangkut penumpang saat mudik dan balik. Sebelumnya, pada Rabu (3/4) di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, telah diberangkatkan 12 truk yang mengangkut 335 unit motor ke enam kota tujuan, yaitu Semarang, Kebumen, Solo, Jogya, Wonogiri dan Malang.

“Tadi, Pak Gubernur berpesan kepada para pengendara bus agar berhati-hati, selalu melakukan pemeriksaan kendaraan. Kemudian patuhi aturan lalu lintas dan tidak kebut-kebutan dengan kendaraan lain. Beliau juga berpesan kepada para penumpang agar menjaga kebersihan dan ketertiban di dalam bus agar suasana perjalanan menjadi aman dan nyaman,” ucap Joko.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan terkait pelaksanaan Mudik Gratis 2024 dilakukan bersinergi dengan sejumlah pihak, di antaranya TNI dan Polri. Hari ini, sebanyak 279 bus diberangkatkan ke-19 kota/kabupaten di 6 provinsi.

“Namun untuk pemberangkatan hari ini, tercatat sebanyak 12.170 penumpang. Sedangkan untuk arus balik akan diberangkatkan sebanyak 206 unit bus yang nantinya akan mengangkut sebanyak 9.186 penumpang, jelasnya.

Ridwansyah, salah satu penumpang Mudik Gratis asal Malang, mengaku bersyukur karena mendapatkan kesempatan mudik tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli tiket.

“Saya mudik sama anak dan istri ke Malang, jadi bertiga. Begitu ikut program Mudik Gratis artinya kita bisa simpan uang yang harusnya untuk beli tiket jadi bisa buat yang lain, kayak buat bagi-bagi rezeki ke keponakan,” katanya.

Maka itu, Ridwansyah berharap agar program Mudik Gratis dapat berjalan secara berkelanjutan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan agar bisa mudik ke kampung halaman. “Mudah – mudahan ada terus biar setiap tahun bisa mudik,” urainya.

Berikut 19 kota tujuan program Mudik Gratis 2024 yaitu:

  1. Provinsi Lampung: Kota Bandar Lampung.
  2. Sumatera Selatan: Kota Palembang.
  3. Jawa Barat: Tasikmalaya dan Kuningan.
  4. Jawa Tengah: Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, dan Sragen.
  5. D.I Yogyakarta: Kota Yogyakarta.
  6. Jawa Timur: Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

|

Related posts

Seremoni Pameran Tropi, HERU BUDI Pastikan Pemprov DKI Beri Dukungan Penuh Pelaksanaan Piala Dunia U-17

Redaksi Posberitakota

Pantau Jam Operasional, POLDA METRO JAYA Gelar Penertiban Tempat Hiburan Malam Selama Ramadhan

Redaksi Posberitakota

Setelah Menyandang Daerah Khusus, WAKIL WALIKOTA JAKUT JUANI YUSUF Ajak Forum Lintas Ormas Sukseskan Jakarta Sebagai Kota Global

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang