Di HUT ke-74, PJ HERU BUDI Berharap Satpol PP & Satlinmas Terus Beri Perlindungan ke Warga Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat memimpin upacara peringatan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Lapangan Silang Monas (Jakpus), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap agar kedua jajarannya itu terus menjaga dan memberi perlindungan ke warga Jakarta.

Bentuk perlindungan ke warga Jakarta itu sendiri, ditegaskan Heru Budi, meliputi pelaksanaan tugas di dalam menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat. Namun atas kerja keras yang dilakukan Satpol PP dan Satlinmas selama ini, tak lupa memberikan apresiasi positifnya.

“Seperti dalam keberhasilan seluruh tahapan Pemilihan Presiden, Wakil Presiden (wapres), dan Pemilihan Legislatif yang telah berlangsung dengan aman, tertib dan damai adalah wujud kerja keras Satpol PP bersama seluruh jajaran penyelenggara Pemilu, TNI/Polri, perangkat daerah serta elemen organisasi masyarakat,” ucap dia.

Terkait bentuk sinergi yang sudah terjalin selama ini, menurut Heru Budi, harus dipertahankan terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar Nopember 2024 mendatang. Satpol PP dan Satlinmas diharapkan terus berinovasi dan turut berperan dalam transformasi Kota Jakarta sebagai pusat kegiatan bisnis berskala global yang tenteram dan kondusif.

Selain itu, Heru Budi juga meminta Satpol PP dan Satlinmas agar terus meningkatkan keterlibatan masyarakat melalui berbagai program, sehingga warga Jakarta dapat aktif dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban kota.

“Tentunya termasuk pada bulan ini sampai Juni, Pemprov DKI Jakarta melakukan penertiban administrasi kependudukan. Saya harap Satpol PP dapat juga aktif membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan administrasi kependudukan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang (UU) atau Peraturan Pemerintah (PP) serta keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” imbuhnya.

Pada bagian lain sambutannya, Heru Budi juga meminta agar seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas dapat memahami substansi UU tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) guna memberikan pengarahan kepada masyarakat dalam rangka transformasi Kota Jakarta menuju Kota Global.

Sedangkan Satpol PP DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengayomi masyarakat, seperti membentuk Duta Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) di tingkat sekolah, hingga tingkat RT dan RW agar masyarakat peduli trantibum. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Digelar Sebelum Azan Shubuh, SENATOR DKI DAILAMI FIRDAUS Kritik Pedas Event ‘BTN JAKIM 2024’ karena Abaikan Fundamental Waktu Ibadah

Jaring Peserta 15 Ribu Pelari, BTN JAKIM 2024 Sukses Digelar Untuk Memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta

PR Pemprov, KETUA DPRD DKI PRASETIO EDI Nilai Banyak Kemajuan tapi Soal Kemacetan Lalulintas & Banjir Harus Dituntaskan