PosBeritaKota.com
Daerah

Kolom Abu Putih & Kelabu, GUNUNG SEMERU Alami Erupsi dengan Intensitas Sedang ke Arah Selatan

LUMAJANG (POSBERITAKOTA) – Gunung Semeru mengalami erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati ± 700 m di atas puncak (± 4376 m di atas permukaan laut), Senin (10/4/2024). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah Selatan.

“Masyarakat diharapkan tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi),” terang Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto, saat dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).

Ditambahkan Liswanto bahwa di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai). Bahkan di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Juga tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” tambahnya.

Pada sisi lain lagi, Liswanto juga menjelaskan perlunya mewaspadai potensi awan panas, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

“Terlebih lagi di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan,” ujar Liswanto.

Namun sebelumnya, Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi yang disertai guguran lava pijar yang terpantau dari CCTV Gunung Semeru pada Minggu malam.

“Begitu pula terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Minggu (9/6) pukul 20.39 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak,” ucap Liswanto, lagi.

Menurut dia lagi bahwa kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya. Saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung. © RED/THONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

H-3 + H-10 Jelang Libur ‘Natal & Tahun Baru’, KENDARAAN PRIBADI dari Jakarta Mulai Memadati Kawasan Puncak

Redaksi Posberitakota

Saat Dinihari & Ingin Mandi, JUMADI Tewas Tenggelam di Sungai Cimanuk Jatibarang Indramayu

Redaksi Posberitakota

Hentikan Perang Israel – Palestina, RIBUAN WARGA BANDUNG Bersholawat Bareng Golkar & Gus Miftah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang