26.7 C
Jakarta
21 July 2024 - 05:42
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Pulau Lancang, BAZNAS BAZIS DKI Gotong Royong Masak Daging Qurban Bareng Warga & Kolaborator dalam Momen Hajatan Idhul Adha 1445 H

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat menggelar kegiatan atau hajatan Idhul Adha 1445 H, BAZNAS Bazis DKI gotong royong memasak daging qurban bersama warga dan para kolabolator, Senin (17/6/2024) kemarin di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Kegiatan itu sendiri dimanfaatkan BAZNAS Bazis DKI Jakarta untuk menebar kebaikan dan kebahagiaan kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Dengan Mengusung tema : ‘Qurban Berkah BAZNAS’, kegiatan hajatan qurban di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, juga diharapkan sebagai upaya pemerataan di seluruh lapisan masyarakat. Termasuk bagi yang tinggal di wilayah kepulauan Provinsi DKI Jakarta.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Bidang (Kabid) IV BAZNAS Bazis DKI Jakarta, Ridwan Malik. Juga perwakilan PT Avrist Assurance Vicy dan Lurah Pulau Pari,
Muhammad Adriansyah.

Sedangkan untuk daging qurban tersebut diolah sesuai menu khas Pulau Lancang dan selanjutnya dimakan bersama-sama masyarakat di wilayah tersebut.

BAZNAS Bazis DKI pun menyalurkan 2 ekor sapi qurban dari PT Avrist Assurance. Selain itu ke dapur qurban, juga diberikan kepada 100 keluarga yang kurang mampu atau penerima manfaat di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Setelahnya, BAZNAS Bazis DKI memberikan santunan dan Sembako kepada 60 anak yatim dan kaum dhuafa di Pulau Lancang dengan total senilai Rp 30 juta.

Diluar Pulau Lancang, BAZNAS Bazis DKI juga menyalurkan hewan qurban di kampungkampung Jakarta. Baik itu di wilayah Papanggo sebanyak 5 domba/kambing (Doka), Jelambar (2 Doka), Kebon Melati dalam bentuk daging yang sudah disembelih, di Kampung Papanggo dan Kampung Baru sebanyak (2 Doka).

Termasuk ke Pesantren Tahfidz Difabel Baznas Bazis DKI (2 Sapi) dan (1 Doka), Kampung Gembira Gombrong (2 Doka), Dinas Perhubungan (1 Doka), Masjid Asyafiun (1 Sapi dari PT Avrist Assurance) serta Kanwil Kemenag DKI Jakarta (1 Sapi) dari Pimpinan BAZNAS Bazis DKI.

Selanjutnya lagi, BAZNAS Bazis DKI juga melakukan pendistribusian daging qurban kepada masyarakat DKI Jakarta dalam bentuk kaleng senilai Rp 440.590.060.

Bukan hanya untuk masyarakat DKI Jakarta saja. BAZNAS Bazis DKI juga menyalurkan hewan qurban kepada saudara-saudara di Palestina. Seperti kita ketahui, Israel semakin menggila dalam menyerang Palestina. Oleh karenanya, kondisi masyarakat Palestina saat ini sangat memprihatinkan. “Sehingga mereka tidak dapat merayakan Hari Raya Idhul Adha dengan gembira. BAZNAS Bazis DKI menyalurkan hewan qurban ke Palestina, berupa sapi dan kambing total senilai Rp 43.954.537.

Dijelaskan bahwa kegiatan Hajatan Qurban itu merupakan kolaborasi dari BAZNAS Bazis DKI bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, PT Avrist Assurance, Paljaya, JFX, Dinas Perhubungan, Dinas KPKP, Kapolres Kepulauan Seribu, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, DKM Pulau Lancang, serta masyarakat Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari.

“Sedangkan tujuan diadakannya kegiatan Hajatan Qurban adalah untuk meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara Pemerintah setempat dengan masyarakat. Dan, sekaligus membuktikan komitmen BAZNAS Bazis DKI dalam rangka menanggulangi kesenjangan serta kemiskinan di Jakarta,” tegas Ridwan Malik, Kabid IV BAZNAS Bazis DKI Jakarta.

Sementara itu Hanafi Ahmadi salah satu warga dari Pulau Lancang, tak lupa mengucapkan rasa terimakasih dengan diadakannya kegiatan atau momentum pembagiaan daging qurban di wilayahnya.

“Terima kasih BAZNAS Bazis DKI yang perduli dan telah secara rutin setiap tahunnya, membagikan daging qurban. Yakni dari mudhohi untuk masyarakat di sini. Semoga kegiatan berbagi kebaikan ini mendapat pahala atau balasan setimpal dari Allah SWT,” kata Hanafi, mewakili warga lain yang tinggal menetap di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. © RED/REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Saat Pengerjaan Renovasi Atap Kubah, MASJID ISLAMIC CENTER Tugu Utara Koja Jakut Hangus Terbakar

Redaksi Posberitakota

Berturut-turut Selama 12 Hari, TMII Sajikan Konser Musik hingga Stand-Up Comedy Sambut Pesta Malam Tahun Baru

Redaksi Posberitakota

Gedung Nusantara III Senayan Terbakar, KARYAWAN DPR RI Kabur Selamatkan Diri

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang