Acara 22 Juni Besok, DISBUD DKI Gelar ‘Gebyar Seni Budaya Setu Babakan’ untuk Memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Dalam rangka merayakan HUT ke-497 Kota Jakarta, Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Kawasan Perkampungan Budaya Betawi bakal menyelenggarakan kegiatan ‘Gebyar Seni Budaya Setu Babakan’ Sabtu (22/6/2024) besok.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk memastikan perayaan ini menjadi momen yang istimewa bagi masyarakat Jakarta, khususnya dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi.

“Sedangkan kegiatan ini merupakan perayaan yang penting bagi keberlangsungan budaya Betawi. Bahkan, kami juga akan melibatkan komunitas dan seniman lokal untuk menggaungkan semangat perlindungan, pelestarian, dan pengembangan kearifan lokal Jakarta, yaitu budaya Betawi,” ujar Iwan di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Ditambahkan Iwan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai acara khusus dan pertunjukan budaya untuk memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta. Para penampil, akan diprioritaskan dari masyarakat di sekitar Perkampungan Budaya Betawi (PBB), sebagai komitmen dalam memberdayakan komunitas lokal di kawasan Setu Babakan.

“Jadi, nantinya kegiatan ini diadakan sejak pagi hingga malam hari. Akan ada bazar produk-produk UMKM binaan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan berbagai pagelaran seni seperti Tari Betawi, Musik Keroncong, Gambang Kromong dan Lenong Betawi,” kata Iwan.

Bukan hanya itu, pameran pakaian Betawi bertajuk ‘Mengikat Warna Menjalin Makna – Pakaian Betawi dari Masa ke Masa‘ juga akan dihadirkan sebagai elemen penting dalam kehidupan manusia, serta menjadi cerminan jati diri kelompok masyarakat, khususnya etnis Betawi. Ada juga gelaran Drama Tari? Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Sanggar Tari se-Jakarta Selatan, berjudul ‘Ratu Gelatik Kepak Sayap dari Selatan‘.

Sementara itu, (Plt) Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampung Budaya Betawi, Rusmantoro mengungkapkan bahwa pihaknya telah bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah seperti Sudin Kebudayaan, Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta sanggar dan non-sanggar di wilayah Jakarta dalam menyukseskan penyelenggaraan HUT ke-497 Kota Jakarta. Berbagai upaya penyebaran informasi dilakukan melalui media sosial, radio, TV serta media offline seperti poster, spanduk, dan metode getok tular kepada masyarakat luas.

“Namun melalui persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, Perkampungan Budaya Betawi siap untuk menyemarakkan HUT ke-497 Jakarta serta sekaligus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Betawi. Semoga Perkampungan Budaya Betawi dapat melayani masyarakat luas sebagai salah satu pusat informasi dan kreasi kearifan lokal Jakarta sesuai amanah yang diterima, sejalan dengan kemajuan zaman,” tutup Rusmantoro. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bener Nggak Sih Ya, DISDIK DKI JAKARTA Hari Kamis Ini Mulai Didistribusikan KJMU ke Penerima Manfaat

Tak Mau Kalah dari PKS, PKB Jodohkan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dihadiri PJ Heru Budi, DISKOMINFOTIK DKI Gelar Penganugerahan Pemenang Lomba Foto CoJ 2024