34.3 C
Jakarta
30 April 2024 - 12:23
PosBeritaKota.com
Megapolitan

‘Burasa’ Bisa Dipesan via Online, PT Food Station Tjipinang Jaya Luncurkan Produk Beras Khusus Bagi Pedagang Bubur

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebanyak 100 pedagang bubur di Jakarta, diundang dalam acara peluncuran produk Bubur Beras Nusantara (Burasa) oleh PT Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ), bertempat di Jakarta International Equestrian Park, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (16/9) malam kemarin.

Bahkan dalam acara peluncuran tersebut, para pedagang bubur juga dibekali terkait kewirausahaan dan BPJS Kesehatan. Mereka juga bisa melakukan order secara online agar tidak mengganggu aktivitas berjualan. Beras yang hadir dalam kemasan lima kilogram itu, bisa dinikmati warga dari dalam maupun luar Jakarta, khususnya para pedagang bubur.

Dijelaskan Direktur PT FSTJ, Pamrihadi Wiraryo, produk beras khusus bubur tersebut memang belum ada di pasaran. Umumnya, pedagang bubur meracik sendiri menggunakan beras yang sering ditemui di pasaran.

Menurutnya lagi bahwa beras Burasa tidak didistribusikan ke pasar-pasar untuk sementara ini. Sebab, sebenarnya untuk mendapatkannya relatif mudah. Produk ini juga dapat dipesan online melalui platform atau marketplace seperti, Food Station Official Shop (Shopee), Food Station (Tokopedia) dan Food Station Tjipinang Jaya (Lazada).

“Jadi, mereka itu (pedagang bubur) bisa melakukan order secara online. Dengan begitu, tidak mengganggu aktivitas berjualan pedagang. Karena, akan di-deliver atau dikirim ke tempat-tempat mereka berdagang. Untuk penetrasinya di Jakarta sudah merata. Setelah itu, baru kita penetrasinya ke pasar-pasar,” jelas Pamrihadi, lagi.

Ditambahkan Pamrihadi lebih lanjut, khusus beras Burasa diproduksi dari padi varietas Mentik Wangi dan mempunyai keunggulan pada aromanya yang khas dan alami. Namun arga beras Burasa pun sangat kompetitif sekitar Rp 60.000 per lima kilogram.

“Sebenarnya, pedagang bubur relatif lebih murah membeli produk Burasa, ketimbang membeli produk lain yang ada di pasar. Kenapa? Selain pedagang bubur, Burasa bisa untuk rumah tangga juga karena pada prinsipnya sudah wangi,” terang dia.

Oleh karena itu, PT Food Stasiun Tjipinang Jaya memasang target penjualan beras Burasa dalam jangka pendek sekitar 20 ton per bulan. Beras Burasa hanya diproduksi dalam kemasan lima kilogram mengacu pada kapasitas panci pada pedagang bubur ayam.

“Hal itu semua untuk ukuran lima kilogram. Sebab, satu panci bubur itu equivalen dengan lima kilogram sehingga membuat mereka jadi praktis juga. Estimasinya, ada 265 kelurahan di Jakarta, rata-rata satu kelurahan pedagang buburnya ada 20 berarti ada ratusan mungkin ribuan pedagang bubur yang potensial,” jelas Pamrihadi.

Pada bagian lain, acara yang digelar semakin meriah. Apalagi dengan diadakan undian berhadiah atau doorprize barang-barang elektronik. Sedangkan doorprize utamanya adalah berupa umrah untuk dua pedagang bubur yang disponsori salah satu agen travel umrah.

Diakui Muhammad Imron Rosadi, seorang pedagang bubur yang sehari-hari berjualan di wilayah Gading Raya, Jakarta Timur merupakan salah satu yang beruntung mendapat doorprize utama.

“Iya nih, saya bener-bener kagak menyangka, mimpi apa semalam? Intinya jangan lupa sama orangtua, karena berkahnya dan rahmatnya kita itu adanya di orangtua,” kata Imron.

Karena itu pula dirinya siap beralih ke bubur Burasa untuk mendukung usaha bubur ayamnya. Setelah sempat mencicipi bubur Burasa di sela acara, pria ini merasa ada kecocokan rasa dan kekentalan bubur.

“Benar, kalau untuk kualitas buburnya agak kering tidak terlalu cair, walaupun berapa jam konsumen beli tambah kering buburnya tidak berair. Kalau dari harga termasuk terjangkau untuk pedagang,” pungkasnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sepanjang Kawasan BKT di Bulan Ramadhan jadi Arena Bazaar Kebutuhan Lebaran

Redaksi Posberitakota

GEGARA HISAP NARKOBA JENIS SABU, KAPOLSEK SEPATAN TANGERANG SUDAH DICOPOT DARI JABATANNYA

Redaksi Posberitakota

Gelar Kampanye Keselamatan, SOFT LAUNCHING MRSF di Bundaran HI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang