Ilmuwan Punya Versi Cara Memasak Pasta

JAKARTA [POSBERITAKOTA] ■ Ternyata, beda ya antara ilmuwan dan manusia kebanyakan? Setidaknya dalam memasak pasta!

Jika sebagian besar kita tahunya cara memasak pasta cukup rebus dalam air mendidih. Sebaliknya ilmuwan punya teknik tersendiri, yang dianggap terbaik, dalam hal memasak pasta ini.

Peneliti The American Chemical Society menyatakan kita semua telah membuat kesalahan sederhana dalam memasak pasta. Konsultan ilmiah Kyle Nackers dalam video youtube memaparkan cara untuk membuat pasta sempurna. Yakni selalu tambahkan garam ke dalam air, namun jangan masukkan minyak zaitun.

Karena pasta terbuat hanya dari tiga bahan baku: telur, air, dan tepung, serta dua komponen kimia utama: pati dan protein. 

“Proses memasak pasta adalah tentang memanipulasi interaksi protein dan pati agar menghasilkan pasta al dente sempurna,” kata Nackers.

Baca Juga:  Punya Anak Kembar, PEBALAP ALEIX ESPARGARO Ngaku Hidup Lebih Tenang

Padahal, banyak koki mengklaim menambahkan minyak ke air akan mencegah pasta lengket. Sebaliknya Nackers mengatakan metode itu hampir tidak berpengaruh.

“Kebanyakan minyak yang dimasukkan dalam panci akan terbuang saat Anda menyaring pasta. Jika ada yang tersisa, tidak ada banyak pengaruhnya pada lengketnya pasta,” tukasnya. 

Ia merekomendasikan untuk menjaga agar pasta terus berada di dalam air mendidih. Dengan sesekali mengaduknya agar tidak menempel satu sama lain. Tentu saja, satu hal yang penting lagi adalah garam.

“Garam adalah penambah rasa utama dan jika Anda mau masuk kompetisi masak tanpa garam, Anda tak akan bertahan.”

Rekomendasi lain yang diberikannya adalah menambah sejumput air garam setelah memasak ke saus pasta untuk menambah tekstur dan rasanya. Boleh tuh, dicoba! ■ Red/Sed 

Beri Tanggapan