Festival Catur JAPFA 2017 akan Diikuti Para Gladiator

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pelaksana Tugas Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Utut Adianto di Jakarta, Jumat (12/5) kemarin memastikan Festival Catur JAPFA 2017 akan berlangsung seru. 

Pertarungan dalam turnamen berlevel internasional ini akan tambah kompetitif karena hadirnya Mitra Hejazipour dari Iran dan Deysi Estela Cori Tello asal Peru.”Kami pastikan yang datang ikut serta gladiator semua,” kata Utut. 

Mitra, 24 tahun, sudah memperkuat Iran dalam Olimpiade Catur tanpa pernah absen hingga tahun 2016. Ia juga Juara Asia Catur Wanita pada tahun 2015 dan runner-up Kejuaraan Dunia Wanita KU10 pada tahun 2003.

Deysi, juga berusia 24 tahun, tercatat dua kali meraih juara Kontinental Amerika tahun 2011 dan 2016. Ia pernah merebut gelar Juara Dunia Catur Wanita Kelompok Umur (KU) 16 dan Juara Dunia Catur Wanita pada saat usianya masih di bawah 20 tahun. 

Festival Catur JAPFA Internasional edisi ke-10 ini akan digelar di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, 15-19 Mei.

Selain Mitra dan Deysi, akan tampil juara JAPFA WGM Tournament dan Kejuaraan Catur Wanita Balkan pada tahun 2013, Alina Lami. Kemudian, Vo Tanh Ninh (Vietnam), Haridas Pascua (Filipina), Sagar Shah dan istrinya Amruta Mokal (India).

Baca Juga:  Dimeriahkan Artis Ibukota, RADIO BABE AM 954 BEKASI Gelar 'Festival Hadroh & Marawis'

Adapun pecatur nasional yang diundang adalah para pecatur muda yang sedang naik daun. Seperti Novendra Priasmoro, Azarya Jodi Setyaki, Yoseph Theolifus Taher, Medina Warda Aulia dan Arif Abdul Hafiz.

JAPFA mengharapkan dengan turnamen yang mereka gelar lahir generasi baru pecatur-pecatur Indonesia yang mendunia. Sekaligus menaikan kelas para pecatur Indonesia.

JAPFA akan terus berkomitmen untuk terus membantu kemajuan catur Indonesia, salah satunya dengan mengadakan turnamen-turnamen semacam ini. Kami harap para pemain akan berusaha dan menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya,” kata Corporate Affair JAPFA, Rahmat Indrajaya.

Utut mengatakan bagi Percasi apapun hasilnya yang didapatkan yang terpenting mereka berusaha maksimal dan harus jalan terus dalam pembinaan catur Indonesia dan tidak bisa sendiri. 

“Karenanya atas perhatian dan kerja sama selama 17 tahun antara Percasi dengan JAPFA, saya harap pada Hari Olahraga Nasional (Haornas), JAPFA mendapatkan penghargaan atas dedikasinya itu,” kata Utut.

Festival Catur JAPFA ini secara resmi akan dibuka pada 15 Mei. Namun, Sabtu (13/5), putaran pertama dan kedua akan dimainkan. Dilanjutkan dua putaran selanjutnya pada hari berikutnya di Hotel Century Jakarta. Red/Goes

Beri Tanggapan