Penampakan Buaya di Grogol Bikin Heboh, GUBERNUR ANIES Minta Warga Jangan Panik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Isu penampakan buaya di Kali Grogol Jakarta Barat membuat heboh banyak pihak. Upaya penangkapan binatang buas yang hingga hari ini belum berhasil dilakukan petugas membuat sejumlah warga maupun petugas yang sering berurusan dengan perairan di Ibokota, menjadi was-was.

Tak pelak lagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun terpaksa angkat bicara menyikapi kabar pemunculan seekor buaya dewasa di Kali Grogol Jl Latumenten, Kel. Grogol, Jakbar, Rabu (27/6) lalu.

“Masyarakat tidak perlu panik karena petugas sedang berupaya menangkap buaya tersebut,” kata Anies di Balaikota, Sabtu (30/6). “Untuk sementara ini, sebaiknya warga jangan main-main atau nyebur ke sungai tersebut,” tambahnya.

Anies meyakini bahwa munculnya buaya yang panjangnya sekitar tiga meter tersebut, bekas piaraan warga yang terlepas atau sengaja dibuang di kali tersebut.

“Tidak mungkin tiba-tiba ada buaya yang cukup besar di sungai tersebut,” ujar Anies yang telah memerintahkan sejumlah SKPD terkait untuk menangkap binatang pemakan daging tersebut. Sejak Kamis hingga Sabtu ini, ratusan petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) secara bergiliran telah menyisir sepanjang sungai tersebut, namun buaya belum tertangkap.

Baca Juga:  Di Sekretariat Pusat, SEDULUR JOKOWI Gelar Nobar Perebutan Juara 3 dan Final Piala Dunia

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji, menambahkan pihaknya juga telah mengerahkan sejumlah petugas Pasukan Oranye atau Unit Pengelola Kawasan (UPK) Badan Air untuk berkordinasi dengan Dinas Kebakaran mengupayakan penangkapan binatang bersisik tersebut.

“Kalau tertangkap, maka binatang itu akan dipindahkan ke lokasi yang aman bagi masyarakat, misalnya dikirim ke Taman Margasatwa Ragunan,” ujar Isnawa.

Sebaliknya, sejumlah petugas pembersih saluran dan kali pun juga mengaku resah lantaran buaya tersebut masih bebas berkeliaran di tempat terbuka.

“Was-was juga kalau buaya tersebut belum tertangkap, karena tugas kami membersihkan Kali Grogol,” ujar Soleh, salah satu anggota Pasukan Oranye. Penampakan buaya itu sempat direkam warga lalu diunggah ke youtube dan menjadi viral. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan