26.9 C
Jakarta
25 April 2024 - 07:55
PosBeritaKota.com
Nasional

Diincar Bandar, KEPALA BNN Minta Aparat Desa Waspadai Peredaran Narkoba

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ancaman Narkoba menyerang desa, bukan isapan jempol. Pengedar maupun bandar tetap menjadikan warga di desa menjadi sasaran. Bukan hanya perkotaan saja. Apalagi dengan segera digelontorkan Dana Desa Rp 80 triliunan yang akan membuat ekonomi desa menggeliat.

“Daerah-daerah yang perekonomiannya baik dan subur merupakan target peredaran Narkoba. Para bandar dan pengedara sudah menyiapkan tentunya. Kita ingin aparat di desa, lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan stakeholder terkait mempunyai antisipasi penanggulangan,” kata Kepala BNN Heru Winarko di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/12).

Acara FGD yang bertemakan ‘Antisipasi & Solusi Permasalahan Penyalahgunaan Narkoba Dalam Rangka Menuju Desa Bebas Narkoba” dan diselenggarakan Deputi Pencegahan BNN ini, ikut sebagai narasumber Inspektur Jenderal Kemendesa Tertinggal dan Transmigrasi, Ansyar Hussein.

Heru Winarko mengingatkan bahwa Narkoba mengancam desa yang makmur. Dengan tingkat pendapatan dan daya beli tinggi, maka bandar bisa masuk mencari celah dan memasok Narkoba. Bahkan, sindikat narkoba telah mampu mengendalikan aparat desa untuk membantu peredaran Narkoba. “Dalam sejumlah kasus, sering kita lihat kepala desa terlibat dalam jaringan narkoba,” ungkapnya.

Berdasarkan fakta tersebut, ketahanan desa menjadi sangat dibutuhkan agar bersih dari penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Apalagi, jalur masuknya Narkoba dari bandara, pelabuhan, dari daerah terbuka, di mana 80 persen wilayah Indonesia merupakan daerah terbuka.

Menurut dia lagi banyak pelabuhan tikus, seperti di Sumut, Kepri, Riau, dan lain-lain. Bahkan, 1.000 pos di Kalimantan Utara itu ada di desa-desa pesisir dan perbatasan.

“Sebagai langkah antisipasi, masyarakat desa harus diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba. Selain itu, kami juga mengajak berbagai sektor terkait untuk memberikan pengawasan lebih ketat terhadap pelabuhan tikus di kawasan pesisir,” tutur Heru.

Lebih jauh Kepala BNN menegaskan perlunya memperkuat desa-desa yang ada di perbatasan. Bahkan, dia menyebut jalur paling rawan penyelundupan dari luar negeri yaitu penyelundupan Narkoba di Selat Malaka. Terkadang juga, kades menjadi operator.

“Narkoba seringkali masuk ke desa lewat desa-desa makmur. Desa makmur jadi target narkoba karena daya beli tinggi. Ada kasus kades dimodalin bandar untuk nyalon lagi, harus ada timbal balik. Oleh karena itu, kita punya program Desa Bersih Narkoba bersama Kemendes PDTT dan Kemendagri,” paparnya.

Pihak BNN juga mempunyai program pemberdayaan masyarakat desa, dengan terus mengaktifkan pengajian, lomba lomba, Siskamling, penyuluhan, kerja bakti dan gerakan massal yang terkait dengan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba. ■ RED/SDON/GOES

Related posts

Mulai 1 Mei, PEMERINTAH Blokir Kartu Prabayar Jika Tak Diregristrasi Ulang

Redaksi Posberitakota

Ketua MPR RI, BAMBANG SOESATYO Merasa Optimis Program Vaksinasi Capai Sasaran Demi Kekebalan Komunitas

Redaksi Posberitakota

Beri Akses untuk Pendidikan ke Anak Yatim & Mustahik, BAZNAS Luncurkan Beasiswa Cendekia Dalam Negeri 2022

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang