25.6 C
Jakarta
19 April 2024 - 07:08
PosBeritaKota.com
Nasional

Dinas Dukcapil Nunggu Blangko Kiriman, 5000 WARGA YOGYAKARTA Belum Memiliki e-KTP

YOGYAKARTA (POSBERITAKOTA) – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) butuh blangko untuk mencetak kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi warganya. Sebab, menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat, ada sebanyak 5000 warga yang belum memiliki e-KTP.

“Sebenarnya, kalau yang siap cetak atau print ready, khusus di Kabupaten Bantul, semua 8000 kartu. Sedangkan yang ada dan tersedia, baru sekitar 3000. Jadi, kurang 5000 blangko lagi,” terang Bambang Purwadi, Kepala Dinas Dukcapil, Kamis (13/12) kemarin di Bantul.

Karena itu pula, Bambang sangat berharap Pemerintah Pusat cq Kemendagri, segera mengirim kekurangan blangko tersebut. “Mudah-mudahan, bisa cepat dikirim,” katanya.

Ditambahkannya bahwa kebutuhan blangko e-KTP merupakan kewenangan Pemerintah Pusat melalu Kemendagri. “Jadi, mereka yang mendistribusikan. Ke provinsi dulu, baru ke kabupaten-kabupaten di DIY,” tutur Bambang lagi.

Menurut dia, sebenarnya kalau blangko tak tersedia, sudah bisa terdeteksi. “Makanya, jangan sampai masyarakat Bantul, sama sekali tidak tercukupi kebutuhan untuk blangko KTP elektroniknya,” ucap Bambang, mengakhiri. ■ RED/GEHAES BST/GOES

Related posts

Diumumkan Menag RI, PEMERINTAH Resmi Tetapkan Lebaran Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Redaksi Posberitakota

NILAI KENAIKAN UPAH 2022 TAK ADIL, PRESIDEN KSPSI MENOLAK & SIAP MEMIMPIN RIBUAN BURUH GELAR DEMO 25 NOVEMBER

Redaksi Posberitakota

Selama 3 Hari, KAPOLRI Jadi Pembicara Forum ‘Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism’ di Australia

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang