Setia Dunia Profesi, RAGIL RM Ngaku Masih Laris Jadi MC & Melawak

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sosok Ragil RM tercatat telah menempuh perjalanan panjang di dunia profesi keartisan. Mulai dari panggung lawak, sesekali menerima job jadi master ceremony (MC) dan terjun sebagai penyiar radio. Itu dilakoni sejak tahun 90-an dan masih eksis sampai sekarang.

“Yang pasti, saya melakoni penuh liku-liku. Bahkan untuk di panggung lawak, gonta-ganti patner. Semua itu memberikan pengalaman berharga dalam proses saya di dunia keartisan,” tegas pria yang lebih dikenal sebagai pelawak itu kepada POSBERITAKOTA, Jumat (8/3) di Jakarta.

Ragil RM, asli kelahiran Jakarta atau tepatnya pada 17 Agustus tersebut, tak bisa memungkiri jika dirinya berproses dari panggung lawak. Berawal mendirikan grup lawak dengan bendera SAIS bersama Subur dan Lina. Sejumlah event atau lomba lawak diikutinya.

“Hal yang membanggakan saya, karena SAIS Grup pernah jadi juara favorit penonton di Ancol. Bahkan ajang itu untuk tingkat nasional. Selanjutnya, kami pun ikutan lagi lomba lawak yang diadaka Radio SK Jakarta,” cerita dia lagi.

Tak berhenti sampai di situ, bersama rekan terbarunya yakni Hafiz dan Ade Bewok, Ragil RM bikin grup lawak 69. Namanya mulai dikenal saat mengikuti Audisi Pelawak TPI (API). Sampai akhirnya memutuskan bersolo karier, lantaran Hafiz dan Ade Bewok punya kesibukan masing-masing.

Baca Juga:  Lahan Masih Sengketa, ANIES Diminta Tinjau Permohonan Izin Hunian di Kelapa Gading

Dari situlah, Ragil RM lebih banyak menekuni jadi penyiar di Radio TPI atau Radio Dangdut Indonesia 97,1 FM sejak 2005 – 2014. Selain itu juga laris banyak diminta jadi MC. Kesibukan apa saja dilakoni demi mendapatkan pengalaman dan tentu saja target popularitas.

Untuk dunia MC, Ragil RM kerap tampil di berbagai tempat. Baik di Jakarta maupun ke beberapa daerah. Diam-diam, dunia akting di layar kaca TV pun, cukup banyak produksi yang pernah ikut dimainkan. Beberapa di antaranya main dalam produksi Komedi Terang Bulan (RCTI), Bajay Bajuri (TransTV), Opera Van Java (Trans7) serta banyak lagi.

“Saya sangat mensyukuri. Kesemua itu berkat kesetiaan saya di dunia profesi keartisan,” pungkas Ragil RM yang juga pernah nongol pada beberapa iklan layanan sosial. ■ RED/GOES

Beri Tanggapan