26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 05:59
PosBeritaKota.com
Sport

Usai Ujicoba di Jerez, RINS Minta Maaf Alami Kerusakan Motornya

JEREZ (POSBERITAKOTA) ■ Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, kembali mengaspal di Sirkuit Jerez, guna melakukan pengujian pascabalapan MotoGP Spanyol 2019, Senin (6/5). Namun, Rins justru meminta maaf kepada Suzuki karena telah merusak perangkat baru yang dicoba pada motornya, GSX-RR, pada pengujian tersebut.

Pada pengujian itu Suzuki mencoba winglet yang dipasangkan pada swingarm belakang layaknya yang digunakan Ducati pada motornya, Desmosedici. Suzuki jadi tim kelima yang menggunakan winglet seperti itu pada musim ini.

Sayangnya, Rins justru merusak winglet baru tersebut pada tikungan kedelapan. Rins yang berbelok di tikungan kedelapan tidak sengaja masuk ke zona kerikil yang tanpa disadarinya memecahkan winglet baru tersebut. Namun, Rins tetap melanjutkan pengujian itu karena tidak tahu bahwa winglet baru yang dicobanya sudah rusak.

“Saat kami mencobanya, saya melaju di tikungan delapan dan saya harus minta maaf kepada orang-orang Suzuki karena telah memecahkannya di kerikil! Kemudian, saya melakukan dua atau tiga putaran lagi dengan (winglet) patah, karena tidak tahu,” ujar Rins, seperti yang dikutip dari Crash, Selasa (7/5).

Usai pengujian, Rins berkelakar dengan menyebut motornya jadi lebih stabil, meskipun winglet baru tersebut rusak. Meski terdengar seperti candaan, Rins serius dengan menyebut winglet baru itu menambah stabilitas GSX-RR saat melakukan akselerasi ataupun ketika berada di tikungan yang panjang.

“Yang bisa saya katakandengan ‘sendok’ patah, motor lebih stabil! Saya pikir kami sudah mencoba banyak hal kali ini, termasuk (winglet) swingarm baru yang sangat konsisten. Di area akselerasi dan tikungan panjang, ini lebih stabil,” lanjutnya.

Repsol Honda sebelumnya juga telah menggunakan winglet seperti itu pada RC213V milik Marc Marquez pada sesi latihan bebas dua MotoGP Amerika Serikat 2019. Namun, Honda tak mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan winglet itu pada MotoGP AS 2019 karena Marquez gagal mendulang poin akibat terjatuh pada pertengahan balapan. Hal yang sama diharapkan tak menimpa Rins pada balap♧an selanjutnya di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5). ■ RED/RIO/AYID

Related posts

Artis ‘Gila’ Bola, JAGOKAN TIMNAS ARGENTINA Berjaya di Piala Dunia 2018

Redaksi Posberitakota

Di Superliga Junior 2018, TIM PUTRI PB Exist Jakarta Kawinkan Gelar Juara

Redaksi Posberitakota

Setelah Insiden Katalunya, PEBALAP Punya Peluang Perbaiki Hasil Balapan di MotoGP Belanda

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang