Di MotoGP 2020 Perancis, ALEX MARQUEZ Bikin Kejutan Naik Podium Utama bagi Honda

PERANCIS (POSBERITAKOTA) – Sungguh cukup mengejutkan. Meski sejak awal posisi Alex Marquez tak diharapkan bisa menorehkan hasil gemilang, tapi nyatanya mampu bikin Tim Honda merasa bangga. Adik dari pebalap Marc Marquez ini, bisa membuktikan diri dan berhasil naik podium pertama di MotoGP Le Mans 2020 Perancis ini.

Semenjak Marc Marquez cedera patah tulang, sepertinya Tim Honda tak punya harapan. Tapi, siapa nyana jika sang generasi penerusnya, Alex Marquez bikin kejutan tersendiri. Ia tampil begitu tenang, meski kondisi area balapan sangat licin, karena siraman air hujan.

“Yang pasti, ini merupakan balapan yang panjang dan melelahkan. Start dari urutan ke-18, sangatlah gila. Tapi, saya tahu sejak start ada sesuatu yang mungkin. Tentu saja, saya tidak berpikir untuk naik podium,” celoteh Alex, seperti dikutip dari Speedweek.com.

Menurut Alex lebih jauh, kalau dirinya melancarkan serangan di tikungan pertama selepas start. Kendati tindakan tersebut berisiko. Kemudian, setelah menaikkan temperatur ban medium pilihannya, Alex pun cerdik di dalam membangun ritme.

“Saat start awal, saya mencoba untuk santai. Lantas, feeling menjadi lebih baik dan semakin baik. Saya lihat tiga Ducati ada di depan dan saya kehilangan banyak waktu di belakang Crutchlow,” cerita Alex lagi.

Nah, begitu terbuka peluang, Alex melihat kesempatan ketika mengetahui ketiga pebalap Ducati di depannya mulai melambat. Pebalap rookie tersebut mengaku kesulitan saat melawan Andrea Dovizioso.

Tak cuma itu. “Saya kehilangan cukup waktu dengan Dovi, karena dia sangat kencang dan kuat saat mengerem. Jadi, saya harus mencari celah untuk menyalip, yakni di tikungan 4 dan 6 yang sangat berisiko tinggi,” bebernya.

Menurut Alex, dirinya tak berniat untuk mengejar Danilo Petrucci yang berada di depannya dengan jarak sekitar 1,2 detik. Sedang yang terpenting adalah menyelesaikan balapan. Sebab, akan percuma jika dirinya terjatuh, tak akan ada orang yang mengingatnya.

“Karena itu, kami harus meningkatkan setting motor untuk balapan di kondisi kering. Sekarang, saya harus terus bekerja dan meningkat, khususnya di kualifikasi,” pungkas Alex, berjanji. ■ RED/RIO/AYID PS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here