Usung Tema ‘Semarak Dangdut’ Raih Sukses, PB PADMI Makin Gencar Kembangkan Program Live Streaming

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pengurus Besar Persatuan Artis Dangdut & Musisi Indonesia (PB PADMI) mulai gencar mengembangkan program Live Streaming PADMI (LSP) sejak 9 Desember 2020 kemarin. Tentu saja merupakan yang pertama dan sebagai program unggulan dari PADMI untuk memulai gebrakannya dengan mengusung tema ‘Semarak Dangdut’ meraih sukses.

Tekad dan langkah tersebut disampaikan YM PS Febryan Adhitya SE M.Sn atau yang akrab disapa Bang Ryan, karena terkait dua tahun lalu (15 Maret 2019) telah dianugerahi gelar Kebangsawanan. Bahkan dan penobatan gelar itu dilakukan oleh Raja Mulawarman langsung di Istana Kerajaan.

Penganugerahan nama Yang Mulia Pangeran Senopati (YM PS) adalah gelar Maha Raja Kutai Mulawarwan sebagai Kerajaan Tertua di Nusantara, kini telah disandang secara resmi oleh Febryan Adhitya SE M.Sn yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (Ketum PB) Persatuan Artis Dangdut & Musisi Indonesia (PADMI).

Saat berbicara dihadapan para pengurus dan anggota PB PADMI pada Rabu (9/12/2020) yang baru lalu, Bang Ryan menegaskan bahwa kita jangan berbangga hati dulu. Kenapa? Karena, apa yang kita semua sudah lakukan, belum merupakan sesuatu yang terbaik kepada musik dangdut Indonesia.

“Anda masih perlu kerja keras, usaha dan doa agar tak pernah putus untuk menjawab harapan kita semua khususnya para pelaku musik dangdut. Baik itu artis, musisi, arranger, komposer maupun para pencipta lagu. Mungkin tidak secara langsung untuk kita raih impian tersebut. Tapi bisa jadi melalui anugerah yang diberikan kepada orang-orang yang sangat kita cintai, keluarga kita kelak,” tutur Bang Ryan.

Ditambahkannya bahwa sebagai orang yang dipercaya para anggota PADMI untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Umum, saya selalu berpegang pada harapan dan keyakinan. Karena dengan keyakinan bahwa ada kehidupan yang lebih baik nantinya, dunia yang lebih baik, di luar cakrawala yang bisa kita raih nantinya.

“Makanya, kita semua jangan berputus asa, perjalanan kita masih panjang dan selalu ada kesempatan untuk lebih mengenali diri. Pokoknya, jangan ada rasa putus asa. Jika kita berdoa, lantas situasi tetap begitu-begitu saja, tidak ada yang berubah, bukan berarti doa kita tidak makbul. Boleh jadi, Tuhan sedang menguji agar hati kitalah yang berubah terlebih dulu. Tanamkan dalam hati, doa itu apa? Kenali kekuatan waktu, dalami pengetahuan hati, selami kekalnya doa,” tambah Bang Ryan lagi.

Karena itulah, Ketum PB PADMI mengajak teman-teman (pengurus dan anggota) semuanya, para pelaku dangdut untuk duduk bersama agar bahu-membahu di dalam perjuangan. Sesuai dengan slogam PADMI yakni ‘Satu Hati Satu Jiwa, Satu Tekad Dalam Berkarya’.

Bang Ryan juga berkisah soal kehidupannya yang dipenuhi dengan seribu macam hal manis. Namun, kata dia, untuk mencapainya perlu seribu macam pengorbanan dan sukses bukanlah sebuah kebetulan. “Sukses itu kerja keras, kegigihan, pengorbanan, dan yang paling penting cintailah apa yang kamu lakukan dan atau belajar untuk melakukan sambubung,” tuturnya.

Sementara itu artis dangdut kelahiran Jakarta (23 Juni 1973) saat ini berusia 47 tahun. Memulai kariernya di musik dangdut di tahun 1988 sampai dengan sekarang. Mega Dewi atau yang dikenal dengan nama Mega Mustika, tak asing lagi karena memiliki jam terbang sangat luar bisa. Lagu- lagunya sangat digemari oleh penggemar dangdut Indonesia, salah satunya lewat di tembang hitsnya yang berjudul ‘Hitam Bukan Putih’.

“Saya minta agar para pengurus dan anggota PADMI, selanjutnya semakin berkoordinasi antar sesama pengurus. Terutama di semua sektor atau semua bidang demi menciptakan suatu kerjasama yang baik,” ucap Youngky RM, Dewan Pembina sekaligus Pendiri PB PADMI.

Hal senada terkait rasa bangga dan haru yang paling dalam diakui seorang pendiri PB PADMI, musisi dan pencipta lagu senior Youngky RM. Sejumlah karya-karyanya (lagu) banyak digemari masyarakat luad. Sebut saja beberapa di antaranya berjudul ‘Sepatu dari Kulit Rusa’, ‘Dibatas Kota Ini‘ dipopulerkan Tommy J Pisa, ‘Biarlah Aku Mengalah’ dan ‘Mama Aku Ingin Pulang‘ dinyanyikan Nike Ardilla dan ‘Cinta Kita’ dilantunkan Inka Christie.

Menurut Youngky RM lebih lanjut, agar baik pengurus maupun anggota dapat menjadikan PB PADMI sebagai wadah atau organisasi profesi yang lebih baik ke depannya. Juga merupakan wadah yang dapat memfasilitasi para seniman dangdut dalam mengembangkan kemampuan di bidangnya masing masing.

Kembali ditegaskan Ketum PB PADMI bahwa dengan adanya program Live Streaming PADMI (LSP) yang berbasis promosi wisata, maka kita dituntut dalam penggunaan konten live streaming video dan telah menjadi alternatif baru bagi kegiatan pemasaran kebanyakan sektor, termasuk pariwisata. Namun di Indonesia, pemanfaatannya masih belum dilakukan secara terintegrasi dan konsisten melalui perencanaan yang matang.

Bang Ryan menuturkan bahwa melalui perhelatan festival, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Deputi Usaha Ekonomi Kreatif Bidang Musik, meminta PB PADMI bisa memanfaatkan dan mengemas secara maksimal konten Live Streaming PADMI (LSP) video secara terintegrasi untuk meningkatkan awareness wisatawan mengenai pariwisata Indonesia melalui aktifitas event tersebut.

Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana alur konsisten sebuah event dapat dipromosikan melalui konten live streaming video secara terintegrasi melalui akun media sosial (Medsos) milik PADMI dan Kemenparekref Dengan menggunakan metode kualitatif yang disajikan dan dianalisa secara deskriptif analitis dari hasil riset terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research dalam menjelaskan pentingnya merencanakan promosi dengan menggunakan konten live streaming video secara terintegrasi dan konsisten pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan maupun pada tahap selanjutmya,” tegas YM PS Febryan Adhitya SE M.Sn yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Artis Sinetron dan Film Indonesia (PASFI) tersebut.

Pada bagian lain, Ika Nurlela yang merupakan artis penyanyi senior yang berjaya di era 90-an dan duduk sebagai Ketua Bidang Even dan Management Artis PB PADMI, menegaskan bahwa program LSP tersebut sangat luar biasa. Kenapa? Karena dapat bersinergi dengan apa yang sudah di rencanakan oleh Cecep Sahara. Beliau dikenal sebagai tokoh pengamat musik yang profesional sekaligus pencipta lagu yang dipercaya menduduki Ketua Bidang Penanggulangan Pembajakan dan Pelanggaran Hak Cipta PB PADMI.

Ika Nurlela, Ketua Bidang Event & Manajement Artis, menjelaskan bahwa dalam pengemasan dari konsep program LSP tersebut sangat berbeda dengan konsep sebelumnya. “Sebab, saat ini kita akan mengadakan kegiatan yang bersifat outdoor. Namun sebelumnya kami akan mengemas dengan sebaik mungkin, agar bisa menjadi sajian dan tontonan terbaik yang sifatnya mendidik dalam kemasan seni budaya dan pariwisata,” tegasnya.

Berbeda lagi apa yang dikatakan Syamsul B Adnan. “Program LSP sangat luar biasa. Sesuatu konten khusus yang tidak dimiliki oleh semua organisasi profesi seperti PADMI ini,” ucap aktor film-bintang iklan, sutradara, komposer dan pengajar bidang audio visual yang memegang jabatan sebagai Ketua Organisasi Keanggotaan dan Kadernisasi (OKK ) PB PADMI tersebut.

Dikatakan Syamsul B Adnan bahwa mungkin sudah banyak yang mengetahui tahapan membuat kegiatan Live Streaming terdiri dari pre-production, production dan post production. Namun, ternyata dalam tiap tahapan tersebut ada banyak elemen yang perlu dipersiapkan. Lakukanlah persiapan yang sangat matang sebelum syuting dilaksanakan, karena persiapan yang matang akan membuat lebih tenang. Segala persiapan tentunya dilakukan di tahap pra produksi dalam Live Streaming.

“Jadi, perlu kita pahami bahwa persiapan pra produksi ini tidak hanya dilakukan oleh sutradara saja. Namun oleh tim produksi seperti produser, line producer dan kru produksi lainnya yang ikut berperan banyak dalam tahap pra produksi. Setelah itu baru kita masuk ke tahapan produksi, berlanjut ke pasca produksi, di mana pengerjaan finishing sebuah kegiatan live streming ini dikerjakan diantaranya adalah proses sediting sampai masuk ke proses penayangan,” ungkap Syamsul.

Terakhir, Tohonan Nababan sebagai Sekretaris Umum PB PADMI, menambahkan bahwa dalam produksi semua sudah tertata dengan baik jadi dalam program ini kita tidak boleh main-main. “Karenanya, LSP berikut ini akan segera terlaksana dan saat ini sudah masuk dalam tahap persiapan. Baik artis maupun musisi yang akan ikut dalam kegiatan tersebut dan termasuk team kreatif. Semua sudah stand by call, tinggal bagaimana Ketua Bidang Even PB PADMI Ika Nurlela dalam menyikapinya,” pungkas Tohonan Nababan. □ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here