Sambut Bulan Suci Ramadhan, FEBRYAN ADHITYA SE S.Mn Punya Tekad Selaraskan antara Dunia & Akherat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bulan suci Ramadhan sebagai bulan penuh keberkahan, tentunya bakal memberikan arti tersendiri bagi setiap individu menjalankan wajib berpuasa, sesuai dengan rukun Islam yang ke-3. Bahkan tidak sedikit orang yang sangat menantikan bulan Ramadan itu sendiri sebagai momentum untuk memperbaiki diri agar lebih baik.

Tanpa kecuali apa yang ditekadkan oleh pria super aktif dengan berbagai aktifitas dan jabatan. Baik itu sebagai aktor, sutradara produser film, musisi pencipta lagu, Ketum PADMI (Persatuan Artis Dangdut dan Musis Indonesia), Ketum PASFI (Persatuan Artis Sinetron dan Film Indonesia) maupun Ketum KFI (Kreator Film Indonesia), Febryan Adhitya SE M.Sn.

Dalam keseharian, ia akrab dengan nama panggilan ‘Bang Ryan’. Putra Bugis Bone dan asal kelahiran Lonrong, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan berjumpa dengan POSBERITAKOTA, Minggu (4/4/2021), ia mengungkapkan terkait makna Ramadhan.

Menurutya, Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan pengampunan. Kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh kaum Muslimin di Tanah Air. Bahkan di seluruh penjuru dunia. Ditengah kesibukan, Bang Ryan juga sudah fokus untuk menyiapkan diri, baik lahir maupun bathin.

“Setidaknya, agar saya bisa lebih dekat kepada Allah SWT. Pasalnya, seorang Muslim itu diperintahkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan taubat nashuha. Mempersiapkan diri untuk berpuasa serta menghidupkan bulan Ramadhan dengan tekad yang murni dan tulus,” tuturnya, panjang lebar.

Tidak hanya itu saja, ditegaskan Bang Ryan, dirinya juga harus bisa fokus dalam membagi waktu semaksimal mungkin, terutama untuk ibadah dan sedekah. “Bahkan di dalam pembenahan dan pembersihan diri melalui bertaubat kepada Allah SWT, harus melakukan amalan selanjutnya yakni dengan saling memaafkan. Cara ini bisa membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain dan membersihkan hati. Dengan begitu, bulan Ramadhan pun akan terasa ringan untuk dijalani,” ucap dia, lagi.

Dalam pandangannya bahwa menjelang bulan Ramadhan ini, sudah seharusnya untuk membayar semua hutang puasa di tahun sebelumnya. Puasa ini disebut puasa Qadha. Puasa Qadha pun wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadhan.

Ditambahkan Bang Ryan, pemeran dalam film layar lebar terbarunya yang berjudul ‘Lukisan Ratu Kidul’ itu, sangat bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesempatan dan dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan Artinya apa? “Sangat terbuka kesempatan buat kita untuk melebur segala dosa-dosanya terdahulu.”

Sebagai seorang pemimpin organisasi dengan kedudukan sebagai Ketua Umum (Ketum) di PADMI, PASFI dan KFI, Febryan Adhitya sudah membentuk panitia pelaksana program yang sifatnya beramal dan bersedekah untuk masing masing dari ketiga organisasi tersebut. Tentu saja sebagai mana yang rutin dilakukan setiap bulan suci Ramadhan, yakni melaksanakan buka puasa bersama anak yatim dan kaum dhuafa.

“Kesadaran akan pemberian Allah Azza Wa Jalla yang melimpah ini, bisa mendorong seorang hamba untuk menyadari kelemahan dirinya dan menyadari betapa kita semua sangat butuh kepada Rabbnya dalam semua urusan. Namun, mengingat nikmat mesti diiringi dengan amalan yang diridhoi dan dicintai oleh Allah Azza wa Jalla, sehingga bernilai pada Hari Kiamat nanti,” tuturnya.

Sedangkan untuk realisasinya yaitu dengan mengerjakan kebaikan-kebaikan dan meninggalkan kemungkaran-kemungkaran. Juga dengan tetap mengutamakan amalan-amalan fardhu, karena amalan fardhu merupakan amalan yang paling bisa mendekatkan seorang hamba kepada Allah Azza wa Jalla. Sedangkan diantara yang dapat menyucikan jiwa adalah melakukan amalan-amalan hati.

“Hati ini kan, ibarat Raja bagi anggota badan. Jika hati itu baik, maka semua anggota badan akan baik. Sedangkan apabila hati rusak, semua anggota badan pun ikut rusak pula. Melalui kesempatan ini, saya harus bulatkan tekad dengan niat yang tulus, terutama untuk meningkatkan iman dan taqwa,” pungkasnya. ■ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here