PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dana Jamaah Sholat Ieds di JIS Rp 237 Juta untuk Bangun Mushola Pasar Gembrong yang Terbakar

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta menerima amanah berupa dana sebesar Rp 237 juta dari jamaah sholat Ieds (Idhul Fitri 1443 Hijriah/Tahun 2022 Masehi) di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Dana sebesar itu keseluruhannya bakal dipergunakan untuk membangun kembali mushola di Pasar Gembrong, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur yang ludes terbakar.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua IV Baznas Bazis DKI Jakarta, Mohammad Nasir Tajang, seusai jumpa pers publikasi hasil audit tahun 2021 dengan perolehan opini ‘WTP’ (Wajar Tanpa Pengecualian), Jumat (13/5/2022) kemarin. Sedangkan untuk penyerahan dana dan proses pembangunan bakal dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Sejak awal sudah kami sampaikan kepada jemaah yang sholat Idhul Fitri di JIS. Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan Mushola Nurul Hidayah yang terbakar di Pasar Gembrong,” tegas Mohammad Nasir Tajang.

Ditambahkan bahwa sampai sekarang ini, tim masih melakukan survei dan merancang desain mushola yang terbakar di sana. Selain itu, pihaknya juga berencana menyiapkan rumah untuk korban kebakaran itu dengan mengalokasikan dana Rp 6 miliar.

“Tim sekarang lagi di sana agar lebih jelas dan ketika ada pembangunan fisik, aspek yang harus diperhatikan harus ramah terhadap bencana, ramah anak dan orangtua,” ungkapnya, lagi.

Diharapkan Nasir untuk infaq dan shodaqoh yang diberikan kepada jemaah menjadi sebuah tradisi. Dengan begitu, Baznas dapat membangun kembali masjid, mushola atau pesantren yang dilanda musibah.

“Sebab, selama ini kan setiap ada sholat, orang berkumpul kemudian ada penarikan dana atau sumbangan. Nah, itu kami bisa bangun pesantren dan masjid, sekaligus menjaga akuntabilitas dana dari donatur,” ucapnya.

Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan merevitalisasi Pasar Gembrong, Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur yang terbakar beberapa waktu lalu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menyebut, proses revitalisasi akan dilakukan secara bertahap.

“Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak. Mulai dari Baznas Bazis DKI Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta,” papar Anies Baswedan yang dikutip dari akun Instagram miliknya @aniesbaswedan. ■ RED/GOES

Related posts

Lelang Rehab Sekolah Molor, UCHOK CBA Desak Gubernur Anies Tegur SKPD Terkait

Redaksi Posberitakota

Sukacita Devia Sherly Sambut Kemenangan Anies-Sandi di Pilkada DKI

Redaksi Posberitakota

Libatkan Semua Pihak, KPU & PEMKAB KEPULAUAN SERIBU Deklarasi Kampanye Damai

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang