24.4 C
Jakarta
28 January 2023 - 09:54
PosBeritaKota.com
Entertainment

Libatkan Seniman Tari Dunia, ‘WORLD DANCE DAY’ KSBN Disambut Antusias Penari dari Berbagai Daerah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pergelaran akbar ‘World Dance Day‘ (WDD) yang diselenggarakan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) disambut antusias para seniman tari (penari) dari berbagai daerah di Indonesia serta melibatkan para seniman tari mancanegara.

Sejumlah seniman tari mancanegara telah mengutarakan keinginannya berpartisipasi di ajang apresiasi budaya tingkat dunia ini. Sementara Panitia Pelaksana WDD tengah menyiapkan kelengkapan administrasi terkait dengan kepesertaan WDD dari luar negeri.

“Untuk peserta dari luar negeri kita gunakan dua jalur. Kami sudah berkirim surat ke IFOT (International Festival Of Tiles). Selanjutnya kami juga mengundang melalui Departemen Luar Negeri di Jakarta dan juga berkomunikasi langsung melalui Kantor Kedutaan di beberapa Negara Asia dan Eropa,” papar Ketua Panitia Pelaksana World Dance Day (WDD) KSBN, Eny Sulistyowati S.Pd SE MM kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/01/2023).

Untuk peserta dari internal organisasi, menurut Eny Sulistyowati bahwa dari sebagian Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW-KSBN) telah menyatakan siap mengirim kontingen keseniannya.

Aceh, Merauke Papua, Jawa Tengah, Kalimantan Timur dan Sumatera Utara, sudah fixed mengirim kontingen. Lainnya menunggu koordinasi internal DPW,” jelas Eny, lagi.

Bidang Pendaftaran dan Pengaturan Peserta WDD, Prima Suci Ariani BSB, secara terpisah menyampaikan, hingga hari ini (Kamis, 12/01/2023), sudah ada sembilan grup dari delapan sanggar/organisasi calon peserta yang mendaftar.

“Dari segi usia peserta yang mendaftar cukup beragam. Dari usia anak hingga dewasa. Tarian yang ingin mereka tampilkan pun beragam, dari tari Betawi, Madura, Bali hingga tarian Aceh,” kata Prima.

WDD terbuka untuk umum baik perseorangan maupun kelompok. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 7 Januari 2023 hingga 7 Februari 2023 mendatang, tanpa dipungut biaya.

Masyarakat dapat mendaftar secara online melalui bit.ly/WDD2023 – registration. Peserta selanjutnya akan mendapatkan verifikasi melalui email yang sudah didaftarkan.

Beberapa ketentuan yang perlu diketahui, peserta wajib melakukan verifikasi email yang telah diterima. Dilengkapi dengan penjelasan Nama Kelompok, Data Diri Peserta, CV Group, Judul dan Sinopsis Karya, Durasi Pertunjukan dan Kebutuhan Artistik.

“Karya peserta tidak mengandung unsur asusila pornografi dan unsur sara. Pembagian venue pementasan akan dilakukan oleh panitia. Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum pementasan dengan sudah mengenakan kostum dan make up,” papar Prima.

Untuk keterangan lebih lanjut calon peserta dapat menghubungi, telpon seluler (WA Text only) 0818 933 944 (Eryka), 0817 0103 285 (Titing), dan 0811 9022 94 (Prima), [email protected]

Ajang ‘World Dance Day’ (WDD) merupakan perayaan tari akbar yang akan menampilkan berbagai macam bentuk tari dari dalam dan luar negeri. Acara ini akan digelar di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, 6 Mei 2023 mendatang, dari pukul 07.00 – 24.00 secara terus menerus. ■ RED/ALDI/EDITOR : GOES

Related posts

Pelan Tapi Pasti, PUTRI DYAH Makin Lancar untuk Urusan Akting

Redaksi Posberitakota

TETAP OPTIMIS BERSAMA ‘APAD’, KETUM MAYA ANGKASA INGIN MAJU DENGAN MEMBERDAYAKAN PENGURUS & ANGGOTA SAMBUT TAHUN BARU 2022

Redaksi Posberitakota

BERSAMA ‘QUL HAYYA’, NOVI AYLA SIAP PROMOSIKAN MINI ALBUM RELIGI ‘SAMUDRA CINTA’ SELAMA RAMADHAN

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang