33.2 C
Jakarta
28 March 2024 - 16:12
PosBeritaKota.com
Entertainment

Sabtu Malam Ini, SIRKUS ‘SAWUNG JABO’ BAROCK Manggung di Grand Parahiyangan Cihampar Kota Bogor

BOGOR (POSBERITAKOTA) ■ Setelah ada sekitar lebih dari sepuluh tahun, kita dihadapkan pada rasa kangen untuk menyaksikan pertunjukkan musik berkualitas di Tanah Air. Pada Sabtu (18/1/2023) malam ini, alam bawah sadar kita akan kembali dihidupkan lewat rencana penampilan group musik legendaris ‘Sirkus Barock’ yang ‘dibidaniSawung Jabo‘, di Grand Parahyangan, Cihampar, Kota Bogor.

Tak ayal jika dalam perjalanannya, ‘Sirkus Barock’ sudah eksis selama 46 tahun. Aksi panggung (live konsernya) selalu jadi pusat perhatian, para jurnalis musik di era 80 sampai 90-an. Mampu mengimbangi manakala Mick Jagger dan Kantata Takwa tampil di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Begitu pula untuk konser lain dari Koes Plus, Panbres, Tina Turner, Miami Sound Machine, All Jerreau, Air Suply dan banyak lagi.

Coba melansir apa yang pernah diungkapkan almarhum Bens Leo, jurnalis senior dan pengamat musik Indonesia. Ia bilang bahwa konser- konser Sirkus Barock merupakan peristiwa budaya yang besar di dalam perjalanan musik Indonesia”. Oleh karenanya, wajib ditonton jika Sawung Jabo dkk live konser.

Sejauh ini, masih menurut sejumlah jurnalis atau wartawan senior di bidang musik, bagian termahal dari konser grup (Sirkus Barock) adalah atmosfirnya. Jadi, bukan semata-mata perpaduan bebunyian perkusi, musik gesek dari cello dan biola. Juga bukan soal.lirik lagu yang puitik dan provokatif, ditingkah raungan gitar Totok Tewel plus tata cahaya kemilau di panggung, melainkan suasana asyik, kebersamaan dan semacam ritual yang menghanyutkan. Antara musisi dan penonton terlibat, bikin kerasan untuk menikmatinya.

Seperti kita tahu bahwa ‘Sirkus Barock‘ didirikan dan digawangi oleh Sawung Jabo dan KAAS (Keluarga Arek Arek Suyoboyo), pada tahun 1976. Bahkan, di usianya ke-71 tahun, kini Jabo masih bersemangat mentas dan menjumpai penggemarnya. Menilik usianya, dia seangkatan dengan Ahmad Albar dan Rhoma Irama. Juga gitaris Ian Antono.
Namanya sempat dikenal sebagai personil Kantata Takwa dan Swami – juga duet bareng Iwan Fals. Sawung Jabo menyumbangkan lagu ‘Hio’, ‘Bento’, ‘Badut’ di grup Kantata Takwa dan Swami itu.

Pada pekan lalu (21/1/2023) di Teater Tertutup, Taman Budaya Jawa Barat, di Dago – Bandung, Sawung Jabo tampil dengan 21 lagu, bersama para bintang tamu terpilih. Antara lain ada Budi Cilok dan Baruna – selain Abah Iwan Aburachman. Sirkus Barock hadir dengan formasi 13 personel.

Namun sebelumnya, mereka juga konser di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), pada Minggu (18/9/2022). Di usianya yang tak muda lagi, Jabo tetap bisa memikat para penonton dengan pertunjukannya.

Tentu, masih dengan tema “Bicaralah dengan CintaJabo dkk, akan menghadirkan bintang tamu yang berbeda, di Grand Parahyangan Bogor, Sabtu malam ini. Mereka adalah Sri Krisna Encik, anak dari Harry Tjahjono, novelis yang juga jurnalis. Ada pula Ikhsan Skuter dan Baruna. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Berhadiah Bombastis, MNCTV : Tayangkan Reality Show ‘The Apartement’

Redaksi Posberitakota

Sinetron ‘Kecil-kecil Mikir jadi Manten’ Perkuat Program Lokal ANTV

Redaksi Posberitakota

Pendaftaran Sudah Dibuka, BOSTON DANGDUT FESTIVAL 2019 Cari Penyanyi Rekaman

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang