28.9 C
Jakarta
20 June 2024 - 21:43
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Untuk Pendaftaran Bisa Cara Online & Offline, DINAS PERHUBUNGAN DKI Jakarta Gelar Program ‘Mudik Gratis 2023’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelar program ‘Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023‘ bagi warga Jakarta yang merayakan Idhul Fitri di kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta. Sedangkan untuk pendaftaran program ‘Mudik Gratis 2023, bisa dilakukan secara online dan offline.

“Program Mudik Gratis DKI Jakarta di tahun 2023 ini bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik secara selamat, aman, nyaman dan menyenangkan. Pada tahun ini, program mudik akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di 6 (enam) provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Syafrin mengatakan bahwa pihaknya berencana menyediakan sebanyak 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melakukan arus mudik dan arus balik.

“Untuk menekan banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik maupun balik, serta untuk menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman,” ujarnya.

Menurut Syafrin, bukan hanya bus yang disediakan, ada 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik. “Kami juga menyediakan layanan 9 (sembilan) Kota/Kabupaten, yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang,” jelasnya.

Dikatakan Syafrin untuk arus balik disiapkan sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor.

“Sementara saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor,” ungkapnya.

Syafrin mengaku bagi masyarakat yang ingin mendaftar program Mudik Gratis DKI Jakarta di Tahun 2023, dapat mendaftar mulai tanggal 23 Maret 2023 secara online maupun offline. Informasi mengenai pendaftaran online dapat dilihat melalui media sosial Dishub DKI Jakarta dan Website mudik gratis di mudikgratisjakarta.com.

Adapun, pendaftaran secara offline dapat dilakukan di 6 (enam) lokasi service point, baik di kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di 5 Wilayah Kota Administrasi.

Pendaftar diwajibkan menyiapkan persyaratan yang diperlukan, seperti melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), kartu atau bukti vaksin COVID-19, serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor apabila membawa sepeda motor.

Saat melakukan pendaftaran, kata Syafrin, pendaftar dapat menambahkan maksimal 3 (tiga) anggota keluarga dalam 1 (satu) KK dengan 1 sepeda motor. Nantinya, calon peserta mudik gratis wajib membawa dokumen yang dipersyaratkan pada saat verifikasi di enam lokasi service point yang telah ditentukan.

“Pada saat pelaksanaan pemberangkatan baik arus mudik dari Jakarta maupun arus balik dari daerah masing-masing, para peserta mudik akan diberikan takjil gratis, snack dan minuman untuk berbuka puasa. Program Mudik Gratis ini diharapkan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Adapun, enam provinsi tersebut adalah Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur. Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatera Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah; Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang di Provinsi Jawa Timur. □ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Sasar Kampung Padat Penduduk, BAZNAS BAZIS DKI Bersama BUMD Gelar ‘Jakarta Berqurban’ Bantu Pencegahan Stunting

Redaksi Posberitakota

Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 di JIS, PEMPROV DKI Sudah Lengkapi Transportasi & Fasilitas Latihan

Redaksi Posberitakota

Tumpah Ruah, 40.000 Penumpang Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang