26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 01:53
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Gelar Media Gathering, DINAS KOMINFOTIK Ingin Perkuat Sinergitas dengan Insan Media yang Bertugas di Balaikota & DPRD DKI JAKARTA

BOGOR (POSBERITAKOTA) ■ Tekad Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memperkuat sinergitas (kerjasama-red) dengan insan media yang bertugas di Balaikota dan DPRD DKI (Balkoters), terlontar saat menggelar Media Gathering dengan tema : ‘Pererat Silaturahmi Mantapkan Sinergi‘, bertempat di Darmawan Park, Sentul, Bogor, Jumat (26/5/2023) siang hingga malam kemarin.

Tidak kurang dari 50-an media cetak, online maupun elektronik Ibukota, antusias mengikuti program rutin dari Dinas Kominfotik DKI Jakarta tersebut. Kalangan wartawan diajak dalam sejumlah permainan hiburan untuk sekaligus refreshing, pembagian doorprize serta disuguhkan hiburan musik.

Seperti dikatakan Raides Aryanto yang hadir dan bertindak mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengutarakan sikap atau apresiasinya terhadap pelaksanaan Media Gathering. Terlebih lagi dengan kehadiran insan media sebagai mitra strategis bagi Pemprov DKI Jakarta. “Justru melalui kegiatan silaturahmi dalam suasana penuh keakraban ini, kita juga menjaring serta menyerap masukan dari teman-teman wartawan sebagai mitra kerja kita,” tegasnya.

Ditambahkan Raides lebih jauh bahwa insan media merupakan mitra strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Baik itu terkait kebijakan-kebijakan yang diambil, mensosialisasikan berbagai program pembangunan serta sekaligus untuk menampung masukan positif yang bersikap positif dan kritik bagi Pemprov DKI Jakarta.

“Ini tak bisa terbantahkan bahwa peranan media, justru memiliki peranan penting untuk menyajikan berita atau menyampaikan informasi secara akurat. Dan, pada gilirannya melalui kerja rekan-rekan wartawan, diharapkan tidak ada kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakat,” ucap dia, lagi.

Raides pun berkeyakinan bahwa wartawan juga mampu melaksanakan tanggungjawab moril, tentu saja untuk tidak hanya menyebarluaskan informasi dalam bentuk teks maupun visual, tapi juga menghadirkan nilai-nilai edukatif.

“Jadi, keberadaan pers memiliki andil besar, terlebih dalam era media sosial saat ini. Termasuk dalam perannya untuk mencegah masyarakat termakan informasi yang bersifat hoaks. Karena itulah, Dinas Kominfotik akan terus bersinergi dengan teman-teman wartawan agar menyampaikan informasi yang benar dan valid,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Koharudin, mengungkapkan hal senada. Menurutnya terkait diadakannya Media Gathering kali ini mengangkat tema ‘Pererat Silaturahmi Mantapkan Sinergi’, juga sebagai wujud pihaknya sangat mengapresiasi kerja dan peran insan media yang ada selama ini.

“Tentunya, kami akan terus memperkuat hubungan antara Pemprov DKI Jakarta dengan rekan-rekan media. Bahkan, kami akan sangat terbuka di dalam menerima masukan atau kritik serta berkomitmen mendukung dan sekaligus memfasilitasi kerja-kerja jurnalistik dari rekan-rekan media,” tuturnya.

Pada bagian lain, Koharudin, menyebutkan bahwa langkah-langkah solutif bertujuan untuk semakin memudahkan kerja wartawan akan menjadi fokus perhatian. Termasuk, terkait kendala narasumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bakal dilakukan akselerasi (percepatan-red) sebagai solusi.

“Setelah ini, kami pun berencana mengadakan media atau press briefing, bertujuan untuk menjembatani apa saja yang menjadi kebutuhan wartawan dengan OPD,” ungkapnya.

Malah masih terkait atau soal program Media Gathering ini, imbuh Koharudin, bakal dijadikan agenda tahunan. Dari situ nanti dapat tercipta keakraban. Baik antara jajaran Dinas Kominfotik DKI dengan wartawan maupun sesama wartawan terjalin hubungan yang semakin erat.

“Sebab, melalui kegiatan ini, juga menjadi upaya kami memberikan nuansa rileks kepada teman-teman media ditengah kesibukan kerja sehari-hari. Termasuk, melalui kegiatan outbound fun yang diadakan sejak pagi tadi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta, Sammy Edward Watimena, juga tak lupa menyampaikan sikap apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Kominfotik yang sudah menyelenggarakan acara Media Gathering.

“Harus diakui bahwa langkah atau bentuk sinergitas ini sangat penting dilakukan. Sebab, bagaimanapun juga jajaran di Pemprov DKI adalah mitra kerja kami di dalam melakukan tugas-tugas peliputan di lapangan,” bebernya, panjang lebar.

Pada sisi lain, ditegaskan Sammy bahwa melalui keakraban yang sudah terjalin selama ini, juga akan membuat kerja-kerja wartawan di Balaikota dan DPRD DKI Jakarta jadi semakin lancar.

“Sebab, mayoritas berita tentu perlu adanya statement atau klarifikasi dari narasumber. Termasuk data-data karena dibutuhkan yang bisa didapat secara cepat. Makanya, kami juga ingin apa yang menjadi keperluan pemberitaan sesuai pedoman Kode Etik Jurnalistik, tidak menghadapi kendala,” ujar Sammy, menyudahi. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Penjualan Saham Pabrik Bir Ditolak, GEDUNG DPRD DKI Kembali Digeruduk Demonstran

Redaksi Posberitakota

Selain Uang Tunai, PT DUTA SEJAHTERA INDONESIA Bantu Warung Kopi & Mie Instan Gratis ‘Sanggar Humaniora’

Redaksi Posberitakota

Jelang & Selama Ramadhan, H BECENG Minta Dinas Terkait Pemprov DKI Pantau Harga Sembako

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang