29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 10:09
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Hadir Pj Gubernur Heru Budi, PEMPROV DKI Tetap Menggelar Sholat Idhul Adha 2023 di Halaman Balaikota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pada pelaksanaan Sholat Idhul Adha 1444 Hijriyah di tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memilih untuk tetap menggelar di halaman Gedung Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).

Dijadwalkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, bakal ikut melaksanakan Sholat Idhul Adha 1444 H bersama pejabat bawahannya yang lain serta karyawan dan warga masyarakat sekitar.

“Iya, kita Sholat Idhul Adha di halaman Balaikota besok,” ucapnya, seusai meninjau Stasiun LRT Halim di Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023).

Secara terpisah Kepala Biro Sekretariat Daerah DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, ikut menambahkan bahwa Sholat Idhul Adha yang berlangsung di halaman Balaikota DKI dan akan dimulai pada pukul 06.30 WIB.

“Jadi, setelah pelaksanaan Sholat Idhul Adha, juga tidak ada pemotongan hewan qurban di Balaikota,” tegas Mawardi, lagi.

Sementara itu Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris KORPRIS DKI Jakarta, M Arif Rachman, menuturkan sesuai Surat Edaran Sekretaris Daerah (SE Sekda) Nomor: 26/SE/2023, Pemprov DKI akan menyelenggarakan Shalat Idhul Adha dan Qurban bertema ‘Qurban Bukti Cinta kepada Sesama’.

Masih menurut Arif bahwa untuk Sholat Idhul Adha, tidak hanya untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI saja, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum.

Untuk khotib Sholat Idhul Adha 1444 H kali ini, akan menghadirkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa yakni KH Asrorun Ni’am Sholeh. “Lalu untuk imam pada Sholat Idhul Adha, yakni Ustadz H Raden Harmoko, Juara II MTQ internasional Malaysia,” tutup Arif.

Namun pada pelaksanaan Sholat Idhul Adha 1444 H untuk tingkat kota dan kabupaten administrasi, digelar di wilayah masing masing. “Sholat Idhul Adha juga digelar di lima kantor wali kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu,” kata Arif.

Sebelumnya, pemerintah resmi menetapkan 1 Zulhijah 1444 Hijriah/2023 pada Selasa (20/6) 2023, dengan demikian Hari Raya Idhul Adha pada Kamis (29/6) 2023, setelah diputuskan lewat sidang Isbat pada Ahad (18/6/29993.

Hisab sudah di atas ufuk tapi belum memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) serta laporan hilal juga tidak terlihat. Secara mufakat 1 Zulhijah jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat konferensi pers penetapan awal Zulhijah 1444 H di Jakarta. ® [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Agar Stabilisasi Harga Pangan Bisa Terjaga, PEMPROV DKI Dorong Melalui Kegiatan Sembako Murah

Redaksi Posberitakota

Langkah Pembinaan Karir, POLDA METRO JAYA Tempatkan 9 Kapolres Baru

Redaksi Posberitakota

Ditemukan Ekstasi & Pengunjung ‘On’, DISKOTEK OLD CITY Ditutup Pemprov DKI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang