PosBeritaKota.com
Sport

Gondol Ballon d’Or ke-8, LIONEL MESSI Malah Bilang Erling Haaland Jauh Lebih Layak

PARIS (POSBERITAKOTA) – Untuk kali ke-8, pesepakbola Tim Nasional Argentina Lionel Messi yang kini merumput di MLS AS bersama Inter Miami, menggondol predikat Ballon d’Or 2023. Peraih prestasi membanggakan itu dicapai sepanjang kariernya sejak meraihnya pertama kali pada 2009 silam. 

Saat di acara malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10) dinihari WIB, Messi mengumpulkan suara terbanyak mengungguli penyerang Manchester City Erling Haaland dan bomber Paris Saint Germain, Kylian Mbappe. 

Tentu saja peraihan gelar ke-8 tersebut, semakin menasbihkan La Pulga sebagai yang terbaik di dunia dalam 15 tahun terakhir. Bahkan meninggalkan prestasi sang rival, Cristiano Ronaldo yang baru memiliki 5 Ballon d’Or. Apalagi nama Ronaldo tidak ada dalam daftar 30 besar nomine Ballon d’Or tahun ini. 

Terkait keberhasilannya memenangi Piala Dunia Qatar 2022 dan sekaligus menjadi pemain terbaik di turnamen 4 tahunan itu, menjadi faktor penting yang membuat mantan pemain Barcelona FC tersebut kembali terpilih. Di sisi lain, juga menjadi faktor penting PSG meraih trofi Ligue 1 lewat gol dan assist yang dibuat.

“Yang pasti, saya senang berada di sini sekali lagi untuk menikmati momen ini sekali lagi. Saya mencapai impian ini untuk memenangkan Piala Dunia. Namun saya membaginya dengan semua orang yang terlibat,” tutur Messi di atas panggung usai menerima bola emas dari David Beckham. 

Menurut Messi ada hal terpenting lain. Apa itu? “Saya harus mengucapkan selamat kepada semua orang yang dinominasikan untuk penghargaan ini. Saya harus berbagi penghargaan ini dengan rekan satu tim saya dan semua yang kami capai bersama tim nasional. Seluruh tim, staf pelatih, dan semua orang yang terlibat memainkan peran mereka dalam memenangkan Piala Dunia,” ucap dia, menambahkan.

Lantas, apakah Messi yang terbaik dalam sejarah? Ternyata Messi punya jawaban sendiri. “Seperti yang selalu saya katakan, saya tidak tahu apakah saya pemain terbaik dalam sejarah atau tidak. Jika saya salah satu yang terbaik, maka itu adalah hal yang luar biasa,” ungkapnya.

Justru di usianya yang sudah tak lagi muda sekarang ini, Messi yakin posisinya akan digantikan oleh pemain-pemain yang lebih muda. Sebut saja ada Erling Haaland dan Kylian Mbappe. Messi pun tak segan memuji kedahsyatan Haaland di musim pertamanya bersama Manchester City. 

Haaland dan Mbappé akan memenangkan Ballon d’Or suatu hari nanti. Erling sangat pantas mendapatkannya, dia telah memenangkan Liga Premier, Liga Champions sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak dalam segala hal. Penghargaan ini bisa menjadi milikmu hari ini juga meski saya yakin di tahun-tahun mendatang Anda akan memenangkannya,” kata Messi memberi pujian.

Sementara itu Erling Haaland sendiri mendapat penghargaan striker terbaik atau Gerd Muller Trophy. Untuk penghargaan kategori pemain muda terbaik atau Kopa Trophy jatuh kepada rekrutan anyar Real Madrid, Jude Bellingham. Sedangkan Emiliano Martiner menyabet trofi penghargaan kiper terbaik atau Yachin Trophy. © [RED/APRILIO RIZKY/EDITOR : GOES]

Related posts

Ogah Teken Kontrak Baru di PSG, LIONEL MESSI Naga-naganya Bakal Balik ke Argentina atau Liga Amerika

Redaksi Posberitakota

Diutus Ketua IOA, 3 LEGENDA Beri Semangat Atlet Asian Games XVIII/2018

Redaksi Posberitakota

Jelang Tes di Qatar, MARQUEZ Ngaku Siap Tampil di Arena Balapan MotoGP 2019

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang