PosBeritaKota.com
Entertainment

Modal Bakat Otodidak, RY HYORI DERMAWAN Raih Sejumlah Prestasi Internasional di Dunia Tarik Suara

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sejatinya, Indonesia memiliki banyak multitalenta yang belum terekspose. Meski bermodalkan bakat otodidak namun prestasinya patut mendapat apresiasi. Apalagi pencapaian prestasinya tersebut, bukan hanya di tingkat nasional saja, tapi malah sudah go-internasional. 

Jika beberapa waktu lalu publik Tanah Air dan dunia dikejutkan atas kemunculan Putri Ariani, pennyanyi disabilitas asal Indonesia yang menggemparkan lewat ajang America’s Got Talent 2023 di Amerika Serikat (AS), ternyata bukan satu-satunya yang punya prestasi membanggakan berkelas International. Sosok Ry Hyori Dermawan, juga gadis cilik peraih sejumlah penghargaan tingkat dunia. 

Gadis cilik pemilik nama lengkap Ry Hyori Dermawan satu ini merupakan asli kelahiran Jakarta, 5 Oktober 2012. Ia terlahir dari pasangan keluarga Charles Dermawan (Papa) dan Mesen Yulianti (Mama). Dikenal sebagai putri tunggal yang tak cuma aktif di dunia tarik suara. Belakangan diketahui juga aktif sebagai model dan pada Desember 2023 besok tengah bersiap-siap terlibat dalam produksi film layar lebar. 

Tak cukup hanya pintar dalam hal olah vokal saja. Diam-diam, Ry Hyori juga cukup mahir memainkan alat musik jenis drumm, gitar dan piano. Kesemua itu diawali oleh bakat alam atau belajar secara otodidak. Kemudian, kedua orangtuanya pun mencarikan guru les privat khusus bidang vokal

“Awalnya sih, saat aku masih usia 5 tahunan, Papa sama Mama sempat nyangka kalau aku cuma mau main-main. Nggak serius. Setelah itu, lantas aku dicarikan guru vokal profesional,” ucap Ry Hyori dalam wawancara santai dengan POSBERITAKOTA, Sabtu (11/11/2023) malam. 

Diakuinya secara terbuka bahwa baik Papa maupun Mamanya, tak memiliki latar belakang seniman atau artis. Karena keseriusan, kegigihan serta keberaniannya tampil di panggung, mulailah Ry Hyori meraih prestasi satu demi satu. Dari situlah karuan saja bikin bangga dan semangat bagi keluarganya untuk terus memberikan support alias dukungan.

Mau tahu apa saja prestasi membanggakan yang sudah digapainya? Ry Hyori ternyata pernah meraih 1 medali emas dan 2 medali silver di World Championships of Performing Arts 2023 di Los Angeles, USA. Sebelumnya pada pertengahan 2022, juga mengoleksi peraihan 3 medali emas Vocal Competition & Asia Pasific Arts Festival di Malaysia pada 23 Nopember 2022

Tentang prestasi Internasional lainnya, Ry Hyori tercatat pula berhasil menyabet gelar juara 1 di ajang First Place Winner Royal Sound Voice Competition Winter 2023 di Canada pada 11 Maret 2023. Juga, juara 1 Singing Competition Cakap Super Kids (20 Januari 2023), juara 2 lomba bernyanyi Golden Voice se-Jabodetabek (27 Mei 2023). Selain itu juga menggondol 2 medali emas di ajang Youth Friendship Festival 2023 di Bali, Indonesia (30 September 2023).

Sebagai tambahan, Ry Hyori juga memenangkan 2 medali emas, 1 medali silver Piala Winner Category Popular dan Children Music dan terakhir sabet piala Grand Prix di International Bandung Choral Festival pada 8-11 Nopember 2023.

Ry Hyori yang saat ini masih tercatat sebagai pelajar di Singapore Internasional School, , Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, sangat mahir dalam berbahasa Inggris. Oleh karenanya, tak sulit bagi dirinya untuk mempelajari atau menguasai lagu-lagu asing.

Sejumlah artis pun diidolakan Ry Hyori. Ada penyanyi KPop, Kazuha dari grup Le Serafim. Selain itu, juga Olivia Rodrigo. “Aku kepengen bisa sukses seperti mereka. Ya di profesi artis dan juga di dunia pendidikan,” ungkap gadis cilik yang kelak bercita-cita jadi dokter hewan, tapi kelak bisa dikenal pula sebagai artis tersebut.

Sedangkan saat disinggung pengalamannya tampil nyanyi, Ry Hyori tercatat kerapkali tampil di layar TV swasta. Baik itu di Indosiar, MNCTV maupun RTV. Rencananya, ia juga bakal jadi penampil dalam pergelaran ‘Festival Musik & Budaya Anak Indonesia‘ di Jakarta Internasional Stadium (JIS), pada 9-10 Desember 2023 mendatang. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Komeng Spontan Doakan Agar Tukul Arwana Bisa Segera Tampil di Dunia Hiburan

Redaksi Posberitakota

Tebar Nilai Kebaikan, Ryeni : Luncurkan Single Dangdut ‘MERINDU’

Redaksi Posberitakota

Sudah Melewati Usia Kepala ‘5’, RITA SUGIARTO Ngaku 80 Persen Hidupnya untuk Ibadah & Beramal

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang