28.4 C
Jakarta
29 April 2024 - 01:40
PosBeritaKota.com
Opini

Catatan yang Tercecer, dari ‘KUMPUL AKBAR’ Paslon AMIN di Jakarta Internasional Stadion

OLEH : SHAMSI ALI

SEJUJURNYA malam itu tubuh terasa remuk kelelahan. Bahkan sehari sebelumnya sepulang dari ibadah Umrah badan sempat meriang dan kepala terasa berat. Makan siang yang disiapkan oleh Balai Jum’iyah Islamiyah Makassar menyambut jamaah Umrah tidak saya nikmati karena terasa mual. Entah dorongan apa sehingga malam itu saya tetap bangun awal, bahkan sebelum pukul tiga dinihari.

Tepat pukul 3:30 WIB pagi bersama Bapak Tamsil Linrung, salah seorang tulang punggung kampanye paslon Amin, kami berangkat dari hotel menuju Jakarta internasionao Stadion (JIS). Menurut staf jarak antara tempat kami menginap di NAM Center dan JIS sekitar 5-6 KM. Ternyata hanya beberap jarak dilalui dengan mobil, kami harus turun dari mobil untuk Sholat subuh dan harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Mobil-mobil menuju JIS tidak lagi bergerak. Perjalanan 5-6 KM itu memakan waktu kurang lebih 3 jam. Karena jalan-jalan itu penuh dengan manusia menuju tujuan yang sama.

Sesampai di JIS kami diarahkan ke pintu utama bagian barat. Di sanalah para tamu VVIP akan menempati kursi-kursi yang telah disiapkan (reserved) khusus untuk mereka. Saya beruntung mendapat posisi yang sangat dekat dengan tempat duduk capres/cawapres dan keluarganya.

Kami memasuki gedung JIS sekitar pukul 7-30-an. Ternyata gedung JIS telah ditutup untuk umum sejak awal karena semua kursi telah terisi penuh. Dari pukul 4:30 dibuka lalu ditutup sekitar pukul 7:30-an. Artinya hanya dibuka sekitar 3 jam dan semua sudut di dalam gedung itu telah terisi. Amazing!

Yes it’s amazing. Acara Pertemuan Akbar itu memang menakbjubkan hampir dari semua aspeknya. Dari keteraturan kerja-kerja panitia, penataan gedung, acara-acara, dan seterusnya. Tapi yang paling menakjubkan bagi saya adalah semangat para pendukung yang sejak semalam sebelumnya telah hadir menginap di kolon-kolon jembatan sekitar JIS. Bahkan malam sebelum acara itu turun hujan dan angin keras. Tapi semua itu tidak menjadikan semangat mereka surut.

Hal sama yang saya rasakan kala itu. Ada pergulatan batin yang terjadi. Untuk apa hadir? Apa kepentingannya? Apalagi saya sendiri telah lama dan sejujurnya akan tetap di luar negeri. Amerika sejak tahun 1996 telah menjadi rumah kediaman. Walaupun Indonesia akan tetap dan selamanya tumpah darahku.

Acara-acara di JIS Itu sederhana. Dimulai dengan dzikr pagi dan doa. Dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an dan beberapa hiburan lagu dan komedian yang aktifis. Puncak acara dimulai sekitar pukul 10-an ketika para petinggi Partai pendukung telah tiba. Peserta menjadi historis ketika capres/cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin memasuki gedung JIS. Hadir juga tokoh nasional, mantan Wakil Presiden dua kali, Bapak Jusuf Kalla.

Orasi-orasi sangat terbatas hanya oleh dua petinggi Partai Nasdem dan PKS. Hal yang ditunggu-tunggu adalah orasi politik cawapres dan cawapres. Baik Anies maupun Muhaimin menyampaikan orasi yang sangat menyentuh. Selain substantif juga penuh candaan, tapi sekali-sekali menyentil pihak lain yang tanpa malu-malu melakukan berbagai manipulasi dalam pilpres kali ini.

Selesai orasi Anies yang diakhiri dengan kata-kata indah dan menyentuh: “keringatmu Wahai pejuang pejuang perubahan bagaikan kristal. Indah nan berharga”. Pasangan Amin itu berpelukan hanyut dalam rasa bahagia, bangga, namun penuh perasaan tanggung jawab. Mereka meneteskan airmata. Hadirin pun ikut meneteskan airmata.

Yang pasti Kumpul Akbar Paslon Amin ini adalah kampanye terakhir. Dan sebagaimana bentuk dan warna kampanye yang ditampilkan paslon Amin di mana-mana sebelumnya, acara di JIS ini sekaligus seolah kesimpulan dari perjalanan panjang kampanye Anies-Muhaimin. Bertempat di JIS, karya maha dahsyat dan monumental anak-anak bangsa di bawah kepemimpinan seorang Putra terbaik bangsa, Anies Rasyid Baswedan, menutup segala kegiatan kampanye yang unconventional (di luar kebiasaan).

Saya katakan unconventional (tidak seperti biasanya) karena ketika orang lain berkampanye dengan membagi sembako dan uang, Anies-Muhaimin hadir dengan gagasan dan ide-ide untuk perubahan. Sembako dan amplop bisa menghibur. Tapi ide dan gagasanlah yang bisa merubah situasi bangsa yang telah lama ingin menjadi yang lebih baik.

DORONGAN KEHADIRAN SAYA

ADA teman-teman yang bertanya, Kenapa harus terbang jauh-jauh 23 jam dari New York untuk ikut hadir di acara Tentu Akbar Anies-Muhaimin?

jawabannya karena beberapa hal di bawah ini:

Satu, karena ingin menjadi bagian sejarah pergerakan perubahan yang diusung oleh Paslon Amin. Saya percaya dengan perubahan. Dan saya termasuk putra bangsa yang ingin melihat Indonesia menjadi lebih baik, kuat, adil dan makmur untuk semua.

Dua, ingin melihat secara langsung karya maha dahsyat anak-anak bangsa itu (Jakarta International Stadium). Hal ini akan semakin menguatkan keyakinan saya bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang “can do big things”. Sejujurnya saya bangga. Bahkan tanpa terasa meneteskan airmata melihat karya itu.

Tiga, saya memang mendukung Anies-Muhaimin karena saya kenal mereka dan tahu kapabilitas mereka. Dan ketika saya mendukung, saya akan lakukan dengan sepenuh hati dan daya yang memungkinkan.

Empat, ingin membersamai semangat para relawan dan pahlawan perubahan yang tidak mengenal lelah. Anies-Muhaimin telah hadir di kancah perpolitikan dengan kemampuan menggugah dan merangkul. Mereka yang hadir dan menyaksikan merasakan kepemilikan. Bahwa perjuangan ini adalah perjuangan kita semua.

Lima, ingin hadir langsung merasakan kebersmaan dan semangat rekonsiliasi umat dan bangsa. Ditakdirkannya Anies-Muhaimin berpasangan menjadi simbol rekonsiliasi keumatan dan kebangsaan. Kebersamaan elemen umat dan bangsa dengan latar belakang yang ragam menjadi motivasi bagi saya pribadi untuk terus melangkah bagi kejayaan masa depan bersama.

Demikian beberapa catatan yang tercecer dari acara Temu Akbar paslon Amin hari Sabtu kemarin. Tentu harapan saya dan kita semua semoga pasangan Amin dimudahkan dan insyaAllah diberikan kesempatan oleh Allah untuk memimpin bangsa ini ke depan. Amin! (***/goes)

(PENULIS : Ustadz H. Shamsi Ali Lc MA Ph.D adalah Imam di Islamic Center of New York dan Direktur Jamaica Muslim Center, sebuah Yayasan dan Masjid dikawasan timur New York, Amerika Serikat)

Related posts

Keterbelahan Berakhir, JIKA JOKOWI DUKUNG ANIES Sebagai Capres Potensial di 2024 Mendatang

Redaksi Posberitakota

Mereka ‘Buzzer’ & ‘Influencer’ Bakal Menanggung Dosa para ‘Follower’?

Redaksi Posberitakota

Sudah Bikin Joglo Kemenangan, PENDUKUNG JOKOWI Mulai ‘Merapat’ ke Anies

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang