PosBeritaKota.com
Nasional

Diumumkan Menag RI, PEMERINTAH Resmi Tetapkan Lebaran Jatuh pada Rabu 10 April 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemerintah RI melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi menetapkan Hari Raya Idhul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah, jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Untuk penetapan tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) dan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/4/2024)

“Akhirnya disepakati bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 M,” kata Yaqut Cholil Qpumas dalam pernyataan resmi usai sidang isbat di Kemenag di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag RI Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sedangkan dalam sidang isbat dihadiri pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, Dirjen Bimas Islam dan perwakilan Ormas Islam lainnya.

Terkait penentuan hari raya Idhul Fitri 2024 menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukyat. Metode tersebut digunakan Pemerintah dan juga Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan Kemenag RI menggunakan gabungan antara metode hisab dan rukyat dengan mengacu pada kriteria (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang kemudian ditetapkan melalui sidang isbat.

Sementara dengan ditetapkannya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, maka Lebaran 2024 antara Pemerintah dan Muhammadiyah, berbarengan atau sama. © RED/PBK/THONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

Gelar Sobo Deso ke Sragen, OK OCE PRASASTI Kembangkan Kewirausahaan Pertanian

Redaksi Posberitakota

Untuk Bangun 12.000 Unit Rumah di Papua, KASATKER SNVT Rapat Koordinasi Bersama PKRI

Redaksi Posberitakota

Mereka Mau Hambat Munas XI, KETUM FERRY JUAN SH : “Jangan Sembarangan Ngaku Senior SOKSI tapi Malah Merusak Organisasi”

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang