PosBeritaKota.com
Top News

Akibat Konsumsi Variasi Makanan & Minuman, DR. H.M. MUHAMMAD NOOR DHANFIT, MARS Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Pasca Lebaran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Seperti diketahui dan kebanyakan terjadi bahwa momen Lebaran (Idhul Fitri) menjadi cerita klasik yang juga identik dengan suguhan makanan dan minuman lezat, enak dan lahap untuk disantap (konsumsi). Kendati demikian sangat penting bagi masyarakat umum agar lebih berhati-hati di dalam memilih santapan makanannya pada saat Lebaran, yakni guna menjaga kesehatan.

Hal tersebut di atas diingatkan oleh praktisi kesehatan, dr. H.M. Muhammad Noor Dhanfit, MARS dalam wawancara khusus dengan POSBERITAKOTA melalui sambungan telepon, Jumat (12/4/2024).

Menurut pria yang akrab dengan pangilan nama dokter Dhodont Doctor Drummer tersebut, karena saking banyaknya variasi makanan dan minuman di momen istimewa, justru dapat menimbulkan efek samping beberapa penyakit yang rentan terjadi pasca Lebaran.

“Hal tersebut bisa menimpa diri kita, jika tidak bisa menjaga pola makan dan minum dengan baik.  Diare, sindrom dispepsia, radang tenggorokan, kolesterol, nyeri otot, asam urat hingga diabetes bakal gampang muncul apabila masyarakat tidak dengan baik dalam hal memilih makanan yang akan disantapnya,” urainya, menambahkan.

Dikatakan dr. Dhodont lebih lanjut bahwa beberapa penyakit ini juga sering sekali muncul pasca Lebaran. Oleh karenanya, bagi masyarakat luas yang masih disibukkan oleh perayaan Idhul Fitri 1445 Hijriyah, apalagi harus melakukan silaturahmi ke sana-sini, menemui keluarga besarnya, tolong jangan diabaikan untuk mewaspai timbulnya penyakit pasca Lebaran.

“Kenapa? Iya, karena munculnya penyakit bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya akibat pola makan dan minum yang tidak terjaga dengan baik. Termasuk kurang waktu untuk istirahat, karena menjalani kegiatan atau aktivitas fisik yang cukup tinggi atau berlebihan hingga melakukan perjalanan panjang dengan berkendara yang melelahkan,” ujarnya, lagi.

Berikut ini beberapa cara yang masyarakat dapat lakukan untuk mencegah/menghidari datangnya resiko penyakit pasca Lebaran :

1. Perbanyak minum air putih (minimal 2 liter sehari)

2. Membatasi diri untuk konsumsi makanan banyak lemak 

3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kadar gula

4. Perlu juga diperbanyak konsumsi sayur dan buah 

5. Jangan lupa istirahat/tidur yang cukup

6. Menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga kecil. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Dirut JXB, NOVITA DEWI Sabet Penghargaan ‘CMO of The Year’ di Ajang BUMD Entrepreneurial Marketing Award 2023

Redaksi Posberitakota

Gandeng IPB, FOOD STATION TJIPINANG JAYA Ingin Perbaikan & Penyempurnaan Program Pangan Murah di DKI

Redaksi Posberitakota

Karena Masuk Info Penting, KPK Segera Tindaklanjuti Kabar Harun Masiku Berada di Tanah Air

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang