Khusus di Akhir Pekan Sabtu & Minggu, MONAS Tengah Dikaji Bisa Dibuka Sampai Pukul 22.00 WIB

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pihak Unit Pengelola Kawasan (UPK) Taman Monumen Nasional (Monas) tengah mengkaji ulang untuk perpanjangan jam operasionalnya hingga pukul 22.00 WIB. Terutama khusus pada saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu saja, guna merespon keinginan dari masyarakat luas.

Seperti diketahui bahwa kalau selama ini kawasan Taman Monas hanya bisa dikunjungi sampai sore saja atau pukul 16.00 WIB, sempat dikeluhkan masyarakat luas. Bahkan, sebelumnya marak dibahas di media sosial X (dulu Twitter) yang meminta agar ada penambahan waktu jam operasional.

Menurut Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Isa Sanuri, jam operasional kawasan tersebut selama ini adalah demi keamanan. Monas hanya beroperasi hingga pukul 16.00 WIB.

Kembali ditegaskan bahwa pembatasan jam operasional sampai pukul 16.00 WIB setiap harinya adalah demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Selain itu, Isa menambahkan bahwa Monas bukan hanya destinasi wisata. Tapi juga sebagai cagar budaya dan objek vital nasional.

“Tentu keamanan dan kenyamanan pengunjung adalah prioritas kami. Apalagi mengingat pentingnya aspek keamanan, terutama pada tahun politik ini, operasional Monas dibatasi tidak sampai malam hari,” jelas Isa melalui keterangan tertulis yang dikutip POSBERITAKOTA, Senin (29/7/2024).

Dipaparkan lebih lanjut bahwa jam operasional kawasan Taman Monas sampai pukul 16.00 WIB ternyata sudah diberlakukan sejak pertengahan 2022. Namun, sebelumnya sempat ditutup untuk umum ketika pandemi COVID-19 tengah melanda pada 2022 lalu.

“Jadi, pembatasan ini merupakan hasil koordinasi dengan Instansi Keamanan. Hal ini terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung,” imbuh Isa, lagi.

Sempat marak dibahas di media sosial X (dulu Twitter) mengenai jam operasional Monas yang hanya sampai pukul 16.00 WIB. Bahkan, kebijakan tersebut sangat disayangkan warga, karena Monas juga bagus dikunjungi pada sore dan malam hari.

Masih dalam keterangannya, Isa bilang bahwa pihaknya masih menganalisa (mengkaji ulang) kemungkinan untuk memperpanjang jam operasional Monas hingga pukul 22.00 WIB, terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

Terkait kajian penambahan jam operasional tersebut, agar masyarakat Indonesia dapat menikmati keindahan kawasan Monas pada malam hari dan hiburan lainnya. Tentu saja dengan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan.

“Mohon bersabar, karena masih dalam analisa kami, terkait kebijakan untuk memperpanjang jam kunjungan hingga pukul 22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu. Hal terpenting dan selalu menjadi prioritas kami, yakni soal keamanan dan kenyamanan pengunjung,” pungkas Isa. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Diduga karena Kasus Narkoba, AKTOR FILM Inisial ‘AA’ Saat Ini Diamankan di Polres Metro Jakarta Barat

Program Konsolidasi Tanah Vertikal, HERU BUDI Tegaskan Jadi Solusi Hunian Padat Penduduk di Jakarta

Peringkat Pertama, DKI JAKARTA Sabet Trofi Penghargaan Anindita Wistara Data dari BPS Nasional