Gelar Hari Juang Polri, KAPOLDA METRO JAYA Irjen Pol Karyoto Siap & Ingin Memberikan Pengabdian Terbaik Bagi Bangsa

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto memimpin upacara ‘Hari Juang Polri’ yang dilaksanakandi Lapangan Presisi Ditlantas serta dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Metro Jaya, Rabu (21/8/2024).

Sedangkan untuk tema yang diangkat di tahun 2024 ini yaitu : ‘Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045’.

Dalam sambutan arahannya, Karyoto mengungkapkan bahwa Hari Juang Polri yang diperingati hari ini telah ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024.

Selanjutnya, yakni sesuai dengan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VIII/2024 tanggal 12 Agustus 2024 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

“Proklamasi Polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan Polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga Polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I,” ujar Karyoto saat membacakan naskah.

Tak lupa Karyoto juga mengingatkan bahwa Hari Juang Polisi merupakan momentum penting pemicu semangat Polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu.

Setelah peristiwa itu, menurut Kapolda Metro Jaya, sehingga memicu perjuangan di Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta.

“Namun peristiwanya berpengaruh kepada perjuangan daerah di Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat.dan Yogyakarta,” urainya.

Pada sisi lain, Karyoto ingin mengajak jajarannya merenungkan jika ‘kita’ hidup saat masa perjuangan di tahun 1945 lalu. Saat itu para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan dan mengobarkan jiwa dan raga. “Kobarkan, itu adalah semangat perjuangan para pendahulu kita. Khususnya anggota Polisi Istimewa di Surabaya,” tegasnya.

Karyoto memaparkan bahwa perjuangan itu sudah 79 tahun berlalu dan sekarang sedang dinikmati dengan segala keindahan dan kemewahan. “Jadi yang perlu dipetik dalam peringatan ini, yakni untuk menggugah semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa,” ungkapnya.

Menurut Karyoto tentu perjuangan kita pada saat ini berbeda. Kenapa? Karena yang dikorbankan adalah waktu, tenaga, pikiran maupun materil untuk negara dan bangsa.

“Jadi, renungkan ini semua. Dan, ini menjadi momentum strategis dan merupakan pertama kali dilaksanakan Hari Juang Polri. Kita pun harus siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang,” tutup Kapolda Metro Jaya. © RED/POE-JI/ EDITOR : AGUS SANTOSA

Related posts

Cegah Kebakaran, PLN UID JAKARTA RAYA Ingatkan Pentingnya Standarisasi Perangkat Listrik

Ada di Eks Johar Baru Teater, PJ GUBERNUR HERU BUDI Resmikan Groundbreaking RTH Guna Tingkatkan Manfaat Lahan

Berbahaya & Kurang Perawatan, RATUSAN WARGA PENGHUNI Apartemen Ambassade Residence Kuningan Jaksel Datangi Kantor Dinas PRKP DKI