PosBeritaKota.com
Sport

Rabu Dinihari Besok, ITALIA VERSUS SPANYOL Bakal Saling ‘Bunuh’ di Laga Semifinal Euro 2020

ROMA (POSBERITAKOTA) – Genderang perang bakal saling ‘bunuh’ alias menghadang kesempatan untuk melaju ke partai final, begitulah gambaran Timnas Italia versus Spanyol dalam laga yang bakal dilakoni mereka pada Selasa (6/7/2021) atau Rabu dinihari mulai pukul 02.00 WIB di Stadion Wembley mendatang.

Meskipun laju Italia saat ini dengan fakta dua dari tiga kemenangannya diraih melalui drama adu penalti dalam ajang bergengsi Piala Eropa 2020. Begitu pun untuk pertandingan persahabatan, jelas menjadi pertemuan ke-38 antara kedua negara.

Spanyol pernah menang 13 kali, Italia 11 kali menang dan 13 partai sisanya berujung hasil seri. Namun untuk keseimbangan dalam jumlah gol, karena masing-masing tim justru mencetak dan kebobolan 51 gol.

Sedangkan dalam kontra terakhir mereka adalah kualifikasi Piala Dunia 2018, ternyata hanya mampu bermain imbang 1-1 di Italia dan kalah 3-0 di leg kedua. Berbeda saat bertemu di sebuah turnamen, gambarannya terlihat sedikit lebih meyakinkan bagi Tim Azzurri (Italia).

Menyikapi situasi tersebut, Italia raih kemenangan sebanyak tiga kali, imbang tiga kali dan kalah tiga kali. Tetapi hanya satu kemenangan Tim Matador (Spanyol) yang datang di waktu reguler.

Dalam catatan Piala Eropa 2012 silam, kedua tim juga bertemu dua kali. Ketika tarung di penyisihan grup, pertandingan bermain imbang 1-1. Namun saat berhadapan di partai final, Spanyol menang telak 4-0 dan menjadi juara.

Lain lagi di ajang Piala Konfederasi 2013, Italia juga bertemu Spanyol di semifinal. Ketika itu Spanyol meraih tiket ke final dengan mengalahkan Italia melalui adu penalti. Sementara pada perempat final 2008, Spanyol juga menang atas Italia melalui adu penalti.

Sementara Italia menang 2-0 di babak 16 besar Euro 2016 berkat gol dari Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle. Kemungkinan kuat, pertemuan yang paling diingat adalah perempat final Piala Dunia 1994, saat Dino Baggio dan gol telat Roberto Baggio memastikan kemenangan 2-1 bagi Tim Azzurri.

Luis Enrique, pelatih Spanyol, mengingatnya dengan baik. Karena hidungnya patah akibat sikut Mauro Tassotti. Pasalnya, saat itu masih belum ada sistem video assistant referee alias VAR. Ke depannya, mereka (Italia dan Spanyol), dijadwalkan bertemu lagi pada 6 Oktober 2021 mendatang untuk semifinal Nations League atau Liga Negara Eropa.RED/APRILIO RIZKY/GOES

Related posts

Periode 2017-2021, DJAMHURON Terpilih jadi Ketum KONI DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Demi Negosiasi Soal Griezmann, BARCA Serius Sudah Jumpa Pihak Atletico

Redaksi Posberitakota

WGM Medina Warda Aulia Punya Kans Raih Norma Master Internasional

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment