27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 02:54
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Diikuti Pengurus Cabang & Ranting, RAPAT KERJA KWARDA DKI 2023 Ajak Pramuka Perduli Apa Saja

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DKI Jakarta menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2023, bertempat di Balai Agung, Balaikota Pemprov DKI, Minggu (26/2/2023). Kegiatan yang dilaksanakan selama setengah hari tersebut, dihadiri seluruh pengurus cabang dan ranting dari 5 Wilayah Kota di DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Rakerda yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya itu, guna mengevaluasi program-program di tahun sebelumnya, mematangkan tahun yang sedang berjalan serta mempersiapkan program kerja yang akan datang. Karena itu, cukup banyak masukan-masukan didapat dan itu datang dari para pengurus cabang dan ranting yang ikut hadir.

“Dalam agenda rapat kerja kali ini memang tidak ada yang krusial. Karena semua sudah berjalan sesuai rencana. Hanya saja kita perlu melakukan penekanan-penekanan dari program kerja yang sudah dibuat,” tegas Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, seusai menutup pelaksanaan Rakerda kepada POSBERITAKOTA, Minggu (26/2/2023).

Menurut Fadjar Panjaitan bahwa di dalam rapat kerja ini dibahas bagaimana pelaksanaan pendidikan kepramukaan di sekolah, tentu sebagai gugus depan. Kemudian, bagaimana pramuka juga peduli. “Kita ada program Pramuka Perduli. Iya, perduli terhadap apa saja. Termasuk soal kebencanaan dan kesehatan, tapi bukan yang ke arah politik,” katanya.

Ditambahkan setelah menemui Pj Gubernur Heru Budi Hartono sebagai Ketua Majelis Pembina, Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta langsung mendapat support besar dari Pemprov DKI Jakarta. “Mudah-mudahan ya, nanti akan berjalan lebih baik, karena ada kerjasama dan kolaborasi,” tutur Fadjar Panjaitan.

Sedangkan Kombes Pol (Purn) M. Zarkasih selaku Ketua Pusdiklatda Gerakan Pramuka DKI Jakarta, menambahkan bahwa melalui momen rapat kerja yang sangat penting. Apalagi di tahun 2023 ini, Kwarda Gerakan Pramuka memiliki kegiatan yang luar biasa, termasuk event Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Acara itu nanti juga bakal menghadirkan serta melibatkan pejabat DKI Jakarta.

Pak Heru Budi Hartono selaku Penjabat Gubernur DKI Jakarta, juga memberikan perhatian besar. Termasuk penambahan dana hibah bagi Kwarda Gerakan Pramuka DKI. Hal itu jelas merupakan bentuk kepeduliannya, karena anggaran yang ada selama ini drof alias kekurangan untuk memaksimalkan program-program yang harus dijalankan,” ujarnya.

Ditambahkan M. Zarkasih bahwa dari bidang Pusdiklatda juga siap melaksanakan semua keputusan yang diambil dari Rakerda 2023 ini. “Kita akan ada program kursus mahir yang bertujuan mencetak anak-anak dari gerakan pramuka di sekolah yang berkualitas,” kata dia, lagi.

Sementara itu sebelumnya Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov DKI Uus Kuswanto yang mewakili Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, mengatakan semoga Kwarda Pramuka Provinsi DKI nantinya dapat bersinergi dengan di dalam mengatasi masalah di Jakarta.

Bahkan, pembahasan dalam Rakerda Kwarda Pramuka segogyanya bisa selaras dengan berbagai program Pemprov DKI. “Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah gencar mengatasi stunting dan kemiskinan ekstrem. Tentu menjadi tantangan bersama. Maka itu, Gerakan Pramuka menjadi bagian ujung tombak untuk membantu penyelesaian masalah di Jakarta,” pinta Uus Kuswanto, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

JALANKAN TRI DHARMA PT, PENGABDIAN MASYARAKAT STIH IBLAM JAKARTA BEKERJASAMA DENGAN MAJELIS DIKDASMEN MUHAMMADIYAH KRAMAT JATI

Redaksi Posberitakota

Dari Ajang GSMS 2022, PEMPROV DKI Sabet 2 Penghargaan dari Lembaga Analitik Media Sosial Pemerintah

Redaksi Posberitakota

Rayakan HUT ke-37, WOW FINANCE Resmikan RTH & Bangun Rumah Hidroponik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang